JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Bicara di Sragen, Kakorlantas Polri: Pemudik Jangan Serta Merta Diputarbalikkan, Kedepankan Humanis dan Persuasif!

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono saat memberikan pengarahan di Pos Exit Tol Pungkruk, Sragen, Rabu (28/4/2021). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepala Korlantas RI, Irjen Pol Istiono menyerukan penindakan tegas semua travel gelap menjelang lebaran ini. Pasalnya keberadaan travel gelap dinilai merugikan konsumen.

Hal itu disampaikan saat memberikan pengarahan kepada jajaran dalam kunjungan ke pos operasi ketupat candi Exit Tol Pungkruk, Sidoharjo, Sragen, Rabu (28/4/2021).

“Travel gelap saya minta dilakukan penindakan. Karena banyak merugikan konsumen,” paparnya.

Kakorlantas hadir didampingi Dirlantas Polda Jateng dan Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi. Irjen Istiono juga menyampaikan sebelum tanggal 6 Mei, operasi masih bersifat kegiatan yang ditingkatkan.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

Personel di lapangan diharapkan hanya melakukan pengetatan bukan penyekatan. Penyekatan baru akan dimulai tanggal 6 Mei mendatang.

Ia menegaskan operasi ketupat candi adalah operasi kemanusiaan. Sehingga personel diminta lebih mengedepankan tindakan persuasif dan humanis di lapangan.

Kakorlantas Polri saat menyerahkan bingkisan kepada personel di Pos Exit Tol Pungkruk. Foto/Wardoyo

Personel juga diharapkan tak serta merta memutarbalikkan kendaraan luar kota. Hanya pemudik yang tidak dilengkapi dokumen dan surat bebas Covid-19 yang diputarbalikkan.

“Penyekatan baru mulai tanggal 6 Mei. Saat ini baru kegiatan yang ditingkatkan. Jangan serta merta diputarbalikkan,” jelasnya.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Sementara, setiap pos diminta tetap menyediakan random tes swab gratis. Lantas jika ada pemudik yang terindikasi tertular atau positif covid-19, agar langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

“(Pihak) kesehatan disuruh siapkan ambulans,” tegasnya.

Ditambahkan, tindakan itu berlaku juga untuk arus balik. Menurut Istiono personel memastikan sopir dan penumpang dalam kondisi sehat.

“Konsentrasi terminal dan tempat pemberangkatan semua sudah dirapid tes,” tukasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com