JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Keren, Rutan Kelas IIB Wonogiri Jadi Rutan Terbaik Kedua Tingkat Nasional, Sebelumnya Sabet Penghargaan Nasional Sebagai yang Terbaik Dalam Pencegahan Penularan COVID-19

Karutan Kelas IIB Wonogiri Daniel Kristianto menunjukkan salah satu penghargaan yang diterima. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Prestasi membanggakan ditorehkan keluarga besar Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wonogiri. Rutan yang berlokasi di daerah perbatasan Jateng-Jatim-DIY-Samudra Hindia ini sukses meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional.

Rutan Kelas IIB Wonogiri dinobatkan sebagai rutan terbaik kedua tingkat nasional 2021 ini. Penghargaan itu menjadi kado indah dalam rangkaian
peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 tahun 2021. Sebenarnya Rutan Wonogiri juga menyabet penghargaan tingkat nasional pada 2019 dan 2020.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Wonogiri, Daniel Kristianto didampingi Kepala Keamanan Rutan Agus Susanto kepada sejumlah wartawan, Selasa (27/4/2021) menjelaskan, raihan penghargaan tersebut akan menjadikan pemicu semangat untuk meningkatkan pelayanan. Prinsipnya adalah memberikan yang terbaik untuk warga binaan maupun masyarakat Wonogiri.

“Semoga kami bisa menjaga amanah sebagai rutan terbaik kedua nasional,” jelas Karutan sembari menjelaskan sebelumnya dilaksanakan upacara memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan secara virtual di lapangan rutan setempat.

Menurut dia ada sejumlah faktor yang menjadikan Rutan Kelas IIB Wonogiri mempu meraih yang terbaik. Di antaranya administrasi rutan tertata begitu baik. Kemudian dalam beberapa tahun tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya pelayanan ke warga binaan sangat humanis.

Baca Juga :  Lebaran 2024 Telah Berlalu Saatnya Kembali ke Rutinitas, Bekerja dan Belajar Bolo

Faktor lainnya adalah kerjasama yang terjalin baik dengan institusi lainnya. Juga penberian ketrampilan untuk warga binaan.

“Kerjasama, sinergitas dengan Pemkab Wonogiri, Polres, Kodim, maupun institusi lainnya benar-benar terjaga. Tidak hanya tertuang dalam bentuk MoU, namun sinergi kami juga sampai menyasar ke hal-hal yang bersifat non formal, bertemu ngobrol santai sambil berdiskusi sering kami gelar,” jelas dia.

Sementara warga binaan Rutan Kelas IIB Wonogiri digembleng aneka ketrampilan untuk bekal kembali ke masyarakat. Misalnya ketrampilan membuat aneka kue, kerajinan, dan sebagainya.

“Produk warga binaan laku dijual, sebagian diberikan ke warga binaan juga. Ketika ada keluarga yang berkunjung, uang itu biasanya diberikan ke keluarga. Jadi sekarang bukan lagi keluarga datang membawa uang, tapi keluarga datang diberi uang oleh warga binaan,” beber Karutan.

Sebelum meraih penghargaan sebagai rutan terbaik kedua nasional, Rutan Kelas IIB Wonogiri mencatatkan raihan prestisius. Meliputi penghargaan WBK tahun 2019, dan penghargaan terbaik kedua nasional pencegahan penularan COVID-19 tahun 2020.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Putra Manyaran Cup XVI 2024, Diikuti 45 Klub Catat Tanggal Mainnya

Rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan telah digelar keluarga besar Rutan Wonogiri sebelumnya. Di antaranya ketika tim gabungan dari petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Wonogiri, Polres Wonogiri, Kodim 0728 Wonogiri dan BNN menggelar razia di blok rutan setempat, Selasa (6/4/2021) malam.

Daniel Kristanto, mengatakan razia diikuti tim gabungan sebanyak 170 personil. Petugas bergerak menyisir seluruh blok hunian warga binaan. .

Untuk diketahui Rutan Kelas IIB Wonogiri melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama pengamanan rutan, di halaman setempat, Kamis (28/1/2021). Dalam kerjasama itu pihak rutan menggandeng Polres Wonogiri dan Kodim 0728 Wonogiri.

Kerjasama Rutan Kelas IIB Wonogiri dengan Polres Wonogiri dan Kodim 0728 Wonogiri dalam rangka pengamanan rutan. Ini merupakan salah satu apresiasi dan inovasi dalam membangun sinergitas dan kerjasama bersama sehingga hasilnya maksimal. Dengan adanya sinergitas ini diharapkan ke depan pengamanan dan keamanan serta kenyamanan dapat terwujud untuk Wonogiri yang aman dan kondusif. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com