JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Mengupas Bangunan Joglo Milik Pengusaha Billy Beras yang Dijadikan Joglo Kemenangan Anies 2024 di Sragen. Didominasi Bahan Jati Super Mewah, Nggak Nyangka Nilainya Sampai Miliaran Rupiah (Bagian 1)

Pengusaha ternama asal Sragen, Billy Haryanto alias Billy Beras (kiri) saat menerima kunjungan Gubernur Anies Baswedan (kanan) di bangunan joglo dengan latar belakang spanduk MMT bertuliskan Joglo Kemenangan Anies. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Nama Billy Haryanto alias Billy Beras kembali ramai menjadi perbincangan.

Sosok pengusaha nasional di bidang perberasan kelahiran Masaran Sragen itu begitu menyita perhatian dengan sederet kejutan yang ia hadirkan.

Tak hanya berulangkali kedatangan atlet-atlet bulutangkis nasional, sosok Billy belakangan kembali menyita perhatian setelah menerima kunjungan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di GOR miliknya di Masaran Sragen, Sabtu (24/4/2021).

Hal itu tak lepas dari kemunculan spanduk MMT bertuliskan “Joglo Kemenangan Anies Capres 2024) yang dipajang di bangunan Joglo di kompleks GOR Billy Beras.

Beredarnya foto Billy menerima kunjungan dan berbincang dengan Anies di Joglo dengan latar belakang MMT itu langsung menjadi sorotan nasional.

Beragam komentar bernuansa politis pun langsung bermunculan dari tataran lokal hingga nasional.

Terlebih pernyataan Billy yang menilai Anies sudah layak maju Capres 2024 dan siap merelakan Joglonya untuk posko pemenangan Anies kian meramaikan konstelasi.

Nah kemunculan bangunan joglo dengan label Joglo Kemenangan Anies itu belakangan banyak menyita perhatian.

Bangunan Joglo Billy Beras dari luar. Foto/Wardoyo

Seperti apa bangunan Joglo yang ramai menjadi perbincangan itu?

JOGLOSEMARNEWS.COM pun berkesempatan menyambangi kompleks GOR Billy Beras tempat bangunan Joglo itu berada, Senin (26/4/2021) petang.

Baca Juga :  18 Motor Disita! Tim Gabungan Polres Sragen Berantas Balap Liar di Jalan Raya Sragen-Ngawi

Bangunan Joglo itu terletak di sebelah barat berhadapan dengan pintu masuk GOR Billy Beras. Dari bentuknya, sepintas bangunan itu tampak seperti lazimnya joglo kebanyakan.

Namun jika dilihat dari dekat, barulah terpancar sisi keistimewaan yang menjadi pembeda bangunan khas Jawa Tengah tersebut dari bangunan joglo lainnya.

Bangunan Joglo itu berukuran sekitar 12 x 12 meter dengan mayoritas konstruksi berbahan kayu jati kelas super. Bangunan itu didesain dengan konsep setengah terbuka.

Atap nan menjulang ditambah empat pilar utama di bagian tengah dari bahan kayu jati berukuran besar langsung menunjukkan kesan kemegahan.

Sebagai penopang, total ada 16 tiang dari kayu jati berukuran sedang di keempat sisi luar. Papan berukir menyambung yang dipilih menjadi dinding kian menguatkan kesan artistik bangunan itu.

Di ruangan tengah terpajang meja berukuran sekitar 5 x 1,5 meter dari bahan kayu jati dengan ketebalan di atas rata-rata. Kursi panjang dari bahan belahan kayu jati menjadi pelengkapnya.

Tulisan MMT di Joglo Kemenangan Anies Capres 2024 yang terpampang di bangunan Joglo GOR Billy Beras Masaran Sragen yang sempat disinggahi Gubernur Anies Baswedan, dua hari lalu. Foto/Wardoyo

Lantas ornamen ukiran bermotif raket dan shuttlecock yang menghiasi setiap bagian bawah pilar tampil menjadi pembeda.

Ukiran itu juga seolah menjadi penegas kecintaan sang pemilik dengan dunia bulutangkis.

Maklum, selain hobi bulutangkis, Billy juga didapuk sebagai anggota dewan penasehat di kepengurusan PBSI pusat periode 2020-2024.

Baca Juga :  Daftar Nama Calon Bupati Sragen 2024 Paling Kuat dan Terlemah Mulai Bermunculan di Masyarakat, Ini yang Paling Jadi Sorotan !

Lampu bernuansa klasik dengan cahaya keemasan yang terpasang di setiap pilar, makin melengkapi kesan istimewa bangunan tersebut.

Sehingga jika malam hari dan semua lampu di joglo dinyalakan, maka bangunan terlihat memancarkan aura coklat keemasan dari kejauhan.

“Dulu bentuknya gazebo. Baru sekitar setahun lalu dirombak dan diganti joglo seperti ini,” ujar Dodot, petugas penjaga GOR dan Joglo Billy Beras, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (26/4/2021).

Dodot yang dipercaya merawat dan menjaga kompleks GOR itu menuturkan semua bahan konstruksi untuk bangunan joglo itu memang dipilih dari kayu jati super.

Batu menhir menjadi hiasan melengkapi kemegahan Joglo di kompleks GOR Billy Beras. Foto/Wardoyo

Untuk pilar dan kerangka atap saja, harganya Rp 1,1 miliar. Kemudian lantai, papan untuk dinding keliling lengkap dengan ukirannya serta atap, menghabiskan sekitar Rp 400 juta.

Sehingga total bangunan itu sampai lengkap menghabiskan dana hampir Rp 1,5 miliar.

“Kayu jatinya memang yang bagus Mas. Ukirannya juga,” kata dia.

Sementara di sekeliling bangunan, dinaungi pepohonan rindang yang menambah keasrian kompleks joglo tersebut.

“Biasanya atlet-atlet bulutangkis nasional yang latihan ke sini, kadang singgah istirahat sebentar di joglo itu. Tamu-tamu juga,” ujar Billy Haryanto. (Wardoyo/Bersambung)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com