JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rabu Masih Jadi Hari Baik bagi Jokowi, Pengamat Prediksi Pelantikan Menteri Hasil Reshuffle Rabu Pekan Depan

Presiden Jokowi. Foto/Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Hari Rabu adalah hari yang sering disebut istimewa bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Salah satu buktinya, Jokowi selalu mengambil hari Rabu untuk melakukan peristiwa-peristiwa penting kenegaraan pada hari itu, termasuk pelantikan pejabat.

Belakangan, ramai diperbincangkan mengenai reshuffle, menyusul rencana penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Otomatis, pelantikan menteri baru hasil reshuffle nanti menjadi sebuah keniscayaan. Pertanyaannya, akankah presiden Jokowi mengambil hari Rabu sebagai waktu pelantikan nanti?

Menurut prediksi Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo, hari Rabu masih akan menjadi kunci bagi Presiden. Ia memperkirakan, Presiden bakal melakukan pelantikan menteri hasil reshuffle pada Rabu pekan depan.

Menteri tersebut akan mengisi pos baru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristek-Dikbud) serta Kementerian Investasi.

Baca Juga :  Heboh Soal Ujian SD Gambar Bumi Bentuk Datar, Orangtua Murid: Aduh, Pak Nadiiemm Kumaha!

Ada kemungkinan juga, lanjut Ari, diikuti reshuffle mengganti beberapa menteri lain yang dinilai tidak perform.

Menurut informasi yang diterima Ari, semestinya Jokowi sudah mengumumkan menterinya pada Rabu pekan lalu.

“Harusnya Rabu Pon lalu, 7 April. Tapi tertunda karena adanya bencana NTT. Rabu depan kemungkinan besar,” ujarnya dalam diskusi daring, Jumat (16/4/2021).

Presiden Jokowi dikenal lekat dengan primbon Jawa. Ia beberapa kali mengumumkan reshuffle kabinet dan kebijakan penting di hari Rabu, terutama Rabu Pon.

Pada periode pertama pemerintahannya, Jokowi  melakukan reshuffle pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015 untuk kali pertama. Hampir setahun berselang, Jokowi kembali merombak jajaran kabinet. Reshuffle Jilid II juga dilakukan pada Rabu Pon yang jatuh pada 27 Juli 2016.

Sisanya, Jokowi melakukan reshuffle ketiga pada Rabu Pahing, 17 Januari 2018. Pada periode kedua pemerintahannya, Jokowi mengumumkan susunan menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 pada Rabu Legi, 23 November 2019.

Baca Juga :  Buntut Penonaktifan 75 Pegawai KPK, Koalisi Masyarakat Sipil Bakal Mengadu ke Sejumlah Lembaga

Sekitar setahun berselang, Jokowi melakukan reshuffle pertama di Kabinet Jilid II. Enam menteri baru dilantik pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.

Selanjutnya, Jokowi diprediksi akan melantik menteri barunya pada Rabu Pahing, 21 April 2021.

Menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, Presiden Jokowi akan melantik menteri barunya paling lama pekan depan.

“Kalau bukan pekan ini, pekan depan. Karakter kepemimpinan Pak Jokowi itu tidak suka menunda-nunda, tidak suka memperlambat, selalu mengambil keputusan cepat dan tepat,” ujar Ngabalin saat dihubungi Tempo pada Rabu, 14 April 2021.

www.tempo.co