JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sambut Ramadhan, Puluhan Pendekar Tapak Suci Muhammadiyah Sragen Relakan Darahnya Diambil untuk Donor. Ketua Pimda: Ini Bagian dari Dakwah, Wujudkan Iman dan Akhlak!

Petugas donor saat melakukan pengambilan darah para pendekar Tapak Suci Sragen di SMP Muhammadiyah Sragen, Senin (12/4/2021). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Puluhan pendekar perguruan beladiri Tapak Suci Muhammadiyah Sragen antusias mengikuti donor darah yang digelar Pimda Tapak Suci Sragen, Senin (12/4/2021).

Aksi kemanusiaan itu digelar di SMP Muhammadiyah Sragen dengan diikuti sedikitnya 75 anggota beladiri Tapak Suci Sragen, guru dan karyawan SMP tersebut.

Ketua Pimda 058 Tapak Suci Putra Muhammadiyah Sragen, Marsana mengungkapkan donor darah itu digelar dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan.

Donor diikuti 75 peserta dari kader, pendekar, dan termasuk dari guru karyawan Muhammadiyah. Melihat animo peserta yang cukup tinggi, nantinya kegiatan serupa dijadwalkan akan digelar secara periodik tiga bulan sekali.

“Ini juga dalam rangka aksi kemanusiaan bahwa wujud dakwah islam amar ma’ruf nahi munkar. Di sinilah tapak suci berperan. Ketika di lapangan jadi pendekar, ketika hari-hari seperti ini kemanusiaan yang diutamakan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM di sela acara.

Marsana menguraikan lewat kegiatan kemanusiaan seperti itu diharapkan bisa membangun jiwa kepedulian di kalangan pendekar dan kader Tapak Suci. Sehingga diharapkan bisa mewujudkan slogan perguruan Tapak Suci yakni Iman dan akhlak yang merupakan muara akhirnya.

Baca Juga :  Berikut Daftar 4 Korban Kebakaran Hebat Gudang Minyak Chelsea, Toko dan Rumah di Ketro Tanon. Dua Masih Bocah dan 2 Kakek Nenek!

Aksi donor darah itu juga merupakan realisasi dan implementasi dari kata-kata slogan iman dan akhlak tersebut. Di mana semangat kepedulian muncul terhadap sesama dengan menyumbangkan darah bagi yang membutuhkan.

“Ini sebuah kebanggaan, sebuah impian yang akan kita wujudkan sebagai maksud dan tujuan perguruan Tapak Suci,” tuturnya.

Ketua Pimda Tapak Suci Sragen bersama jajaran pengurus. Foto/Wardoyo

Selain aksi sosial kemanusiaan, ia juga mengaku bangga dengan eksistensi Tapak Suci di Sragen. Dengan anggota sekitar 4.700 orang, 350 pelatih, Tapak Suci selalu memberikan warna dan prestasi di kancah olahraga beladiri di Bumi Sukowati.

Di antaranya, dengan selalu menjadi juara-juara umum ketika pertandingan beladiri di Kabupaten Sragen.

“Alhamdulillah, satu dua minimal ketika di Jawa Tengah masih bisa bersuara. Dari atlet kami selalu mendapatkan emas dan jadi juara umum Sragen semua dari Tapak Suci,” terangnya.

Rangkaian Jambore dan UKT

Ketua Jambore Tapak Suci, Eko Wijoyono menambahkan donor darah itu juga menjadi rangkaian kegiatan dalam menyambut datangnya Bulan Ramadhan.

Sebelumnya, sudah digelar temu kader dan pendekar yang dihadiri sekitar 500 kader dan pendekar.

Kemudian jambore kader di Segoro Gunung Karanganyar yang dihadiri Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Ketua DPRD Sragen, Pujono Elli Bayu Effendi.

Baca Juga :  Breaking News: Kebakaran Hebat di Ketro Tanon Siang Ini. Ada 3 Rumah, Toko dan Gudang Minyak Chelsea Dilalap Kobaran Api, Empat Orang Terluka

“Kemarin juga sudah digelar ujian kenaikan tingkat (UKT) kader Tapak Suci,” tuturnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Sragen, Pujono Elli Bayu Effendi yang hadir di acara donor darah itu mengapresiasi positif kegiatan donor dari Tapak Suci tersebut.

Wakil Ketua DPRD Pujono Elli Bayu Effendi (kanan) dan Eko Wijoyono (kiri). Foto/Wardoyo

Menurutnya kegiatan itu sebagai sesuatu yang luar biasa untuk menumbuhkan jiwa kepedulian dan jiwa cinta terhadap sesama.

“Ini kegiatan yang luar biasa yang diadakan oleh Tapak Suci. Apalagi kemarin sudah beruntun mulai dari Jambore, lalu donor darah. Sebagai anggota DPR Sragen sekaligus sebagai pimpinan DPRD kami mendorong dan mendukung kegiatan ini berjalan terus sehingga bisa mewarnai masyarakat Sragen menjadi lebih baik,” tandasnya.

Ia berharap ke depan Tapak Suci bisa semakin maju dan berkembang pesat. Sebab Tapak Suci lahir dilandasi oleh Iman dan Akhlak kemanusiaan yang luar biasa.

“Tapak suci bernaung di Muhammadiyah sehingga saya yakin Tapak suci bisa berkontribusi menjaga NKRI menjadi lebih baik dan harmonis. Saya mendukung tapak suci menjadi besar dan bisa mengamankan NKRI saat ini,” pungkas legislator asal Golkar itu. Wardoyo