JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sidak Jelang Lebaran, DKK Solo Temukan Makanan Kadaluarsa

Tim gabungan dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menemukan sejumlah makanan kadaluarsa dalam inspeksi mendadak (sidak) jelang Lebaran, Selasa (27/4/2021). Istimewa
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tim gabungan dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menemukan sejumlah makanan kadaluarsa dalam inspeksi mendadak (sidak) jelang Lebaran, Selasa (27/4/2021). Sidak dilakukan di sejumlah pusat perbelanjaan yang menjual bahan makanan siap saji.

Kepala Bidag Data dan Sumber Daya Kesehatan DKK Solo, Sri Rahayu Susilowati mengungkapkan, sidak rutin dilakukan setiap menjelang lebaran. Sidak dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap konsumen pada makanan dan minuman yang diperjual belikan di pasar swalayan.

“Sidak untuk mengawasi keamanan pangan di pusat perdagangan dan distributor makanan di Kota Solo. Tim gabungan terdiri dari Polresta Solo, Kesra, Satpol PP, Disdag dan Dispertan melakukan pengawasan keamanan pangan di pusat perdagangan dan distributor makanan,” ujarnya, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga :  Tercemar Ciu, Fenomena Bladu Kembali Terjadi di Bengawan Solo, Banyak Warga Mengambil Ikan yang Mengambang

Sidak makanan dan minuman saat Ramadan menjadi agenda rutin yang wajib dijadwalkan karena peredaran makanan dan minuman lebih banyak pada momen tersebut.

“Maka menghindari adanya makanan atau minuman yang sudah kadaluarsa. Tadi ada beberapa temuan. Nanti langsung dimusnahkan dan mengisi berita acara agar hal itu tidak terjadi lagi,” imbuh Rahayu.

Baca Juga :  Puluhan Mahasiswa UNS Grebek Rektorat UNS, Sampaikan 8 Tuntutan, Salah Satunya Desak Peninjauan Ulang UKT

Sementara itu, beberapa titik yang dilakukan sidak diantaranya di Luwes Gading, kios kurma di Pasar Kliwon, pusat perbelanjaan Hypermart serta beberapa distributor makanan.

“Sasaran sidak antara lain makanan kadaluarsa, makanan tidak ada label kadaluarsa, serta kemasan makanan. Makanan dalam kemasan harus dijaga keutuhan kemasannya. Selain itu juga harus memperhatikan persyaratan makanan, seperti makanan atau minuman yang harus disimpan dalam lemari es maka tidak boleh dijual di tempat terbuka,” pungkasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com