JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tak Banyak yang Tahu, Ini Segudang Manfaat Kurma yang Dianjurkan Disantap saat Buka Puasa. Ternyata Bisa Pulihkan Daya Tahan Juga!

Buah kurma. Foto: Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM – Salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah buah kurma. Buah dari Timur Tengah ini memiliki tekstur kenyal dan manis. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Berikut manfaat mengonsumsi kurma saat berbuka puasa:

1. Kaya Nutrisi dan Gizi

Kurma diketahui memiliki nutrisi yang sangat baik. Kurma yang dikeringkan memiliki kandungan kalori lebih tinggi dari kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya protein dengan jumlah sangat kecil. Meskipun mengandung kalori, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting dan banyak serat. Kurma juga tinggi kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

2. Melancarkan Pencernaan dan Mengontrol Gula Darah

Tubuh membutuhkan serat yang cukup. Itu untuk melancarkan pencernaan dan jika dikonsumsi rutin selama puasa bisa mencegah gangguan pencernaan.

Baca Juga :  Safari Ramadhan, PAC PP Kalijambe Sragen Terjun Bagi Takjil Hingga Bantu Pembangunan Masjid. Kades Apresiasi Positif, Ketua Berharap PP Makin Bermanfaat Bagi Masyarakat

Dalam 100 gram kurma, serat yang dikandung hampir 7 gram. Mengonsumsi kurma saat buka puasa merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat. Serat memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan, sehingga mencegah terjadinya sembelit. Ini akan membuat buang air besar menjadi teratur.

Kandungan serat dalam kurma juga dapat bermanfaat untuk kontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah terlalu tinggi setelah makan.

3. Mencegah Penyakit

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Salah satunya mengurangi risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Dibandingkan dengan jenis buah serupa, seperti buah ara dan prem kering, kurma memiliki kandungan antioksidan tertinggi.

Baca Juga :  Turunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Buah-buahan Lezat dan Segar Ini

4. Membantu Kesehatan Tulang

Nutrisi dalam kurma seperti fosfor, potasium, kalsium, magnesium bisa memperkuat tulang dan mencegah masalah terkait tulang seperti osteoporosis. Kurma organik mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang membantu mengelola kesehatan tulang, terutama bagi orang tua.

5. Mengembalikan Energi

Kurma mengandung zat yang bisa meningkatkan atau mengembalikan energi setelah seharian berpuasa, yakni glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kurma yang kaya nutrisi ini penting untuk membantu mengembalikan energi dengan cepat.

Untuk yang menjalankan ibadah puasa, jika berbuka dengan kurma dan air bisa mengembalikan energi dengan cepat. Selain itu, juga menghindari makan berlebih setelahnya.

Namun, meskipun kurma tinggi kalori, serat, nutrisi, dan rasa manis alami, maka kurma paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. [wip]