JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS Jalin Kerja Sama dengan Universiti Teknologi Malaysia


SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Kerja sama tersebut terjalin secara resmi setelah penandatanganan nota kesepahamaan antara UNS dan UTM yang diadakan secara virtual melalui platform Zoom Cloud Meeting, Selasa (20/4/2021).

Penandatanganan nota kesepahaman antara UNS dan UTM ini dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi, Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M. Si., Direktur Kerja sama, Pengembangan, dan Internasionalisasi, Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D., Kepala LPPM, Prof. Okid Parama Astirin serta sejumlah dekan dari FMIPA, FEB, FKIP, dan FT UNS.

Kerja sama antara UNS dan UTM terjalin di berbagai bidang di antaranya pengembangan staf dan mahasiswa, kerja sama penelitian, kerja sama program dan seminar, serta bidang lain yang disetujui oleh kedua pihak.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho berharap kerja sama yang terjalin selama lima tahun ke depan ini dapat saling menguntungkan kedua belah pihak.

“Ini adalah kesempatan yang luar biasa, kami dapat menjalin kerja sama secara formal dengan UTM. Kami berharap UTM dapat bekerja sama dengan UNS salah satunya dengan mendampingi para dosen kami supaya dapat meraih gelar di UTM. UNS juga berharap dapat menyelenggarakan berbagai konferensi internasional dengan UTM di sejumlah bidang,” paparnya.

Sementara itu, sejumlah program telah dijalankan bersama antara kedua pihak. Program-program tersebut diantaranya seminar, penelitian, publikasi jurnal, hingga guest lecture (dosen tamu) di berbagai Program Studi (Prodi) di UNS.

“Semoga kerja sama ini dapat meningkatkan proporsi kegiatan internasional di UNS,” imbuhnya.

Selain dihadiri sejumlah pihak dari UNS, penandatanganan ini juga dihadiri pihak UTM. Vice Chancellor UTM, Prof. Datuk. TS. Dr. Ahmad Fauzi bin Ismail serta Dekan Faculty of Built Environment and Surveying, Prof. SR. Dr. Hishamuddin bin Mohd Ali hadir langsung dalam penandatanganan kerjasama. Prihatsari