JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Waspada Lur Pintu Air Waduk Gajah Mungkur Alias WGM Wonogiri Dibuka, Debit Air yang Masuk Bengawan Solo Bertambah 160 Meter Kubik Perdetik

Limpahan air di Bengawan Solo pasca pembukaan pintu air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kembali, pintu spillway alias pelimpah air di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dibuka, Minggu (11/4/2021) pagi. Langkah ini diambil dalam rangka pengendalian elevasi waduk.

Dalam surat resminya Nomor 0061/UM/DJA III/IV/2021, Kepala Divisi Jasa ASA III Perum Jasa Tirta 1 Wilayah Sungai Bengawan Solo Setiyantono, mengatakan, dibukanya pintu air WGM sudah sesuai dengan standar operasional saat musim hujan terjadi. Saat elevasi atau muka air terus naik, maka elevasinya dijaga dengan melepaskan kelebihan air dari hulu.

Baca Juga :  Penampakan Jalanan di Wonogiri Saat Larangan Mudik Lebaran 2021 Cenderung Lengang, Begini Kebijakan Pemkab

“Sehubungan dengan kondisi elevasi air Waduk Wonogiri saat ini yang cenderung naik, kami akan melakukan pembukaan pintu spillway Bendungan Wonogiri mulai tanggal 11 April 2021 pukul 06.30 WIB,” kata dia.

Menurut dia, total debit pengeluaran (outflow waduk) menjadi 160 m3/detik. Yakni dari akumulasi jalur PLTA secara penuh dengan debit outflow turbin 60 m3/detik dan debit outflow melalui spillway 100 m3/detik.

“Kami harapkan informasi ini dapat digunakan sebagai bahan perhatian untuk meningkatkan kewaspadaan bersama,” beber dia.

Baca Juga :  Tidak Diduga, ini Alasan Ratusan Kendaraan Plat Luar Daerah Lolos Pemeriksaan di Wonogiri

Pintu dibuka sejak Minggu (11/4) pukul 06.30 pagi. Pintu akan ditutup lagi saat elevasi terjaga.

Dia memastikan kondisi bendungan aman. Menurut dia, pengelola bendungan Wonogiri selalu melaksanakan monitoring terhadap kondisi keamanan bendungan. Monitoring itu dilakukan dengan cara pengukuran instrumen keamanan bendungan hingga pengamatan-pengamatan yang rutin dan terjadwal dilakukan.

“Bendungan atau waduk saat ini dikelola sebaik-baiknya. Harapannya bisa bermanfaat selama mungkin,” papar dia. Aris