JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Awas, Pemudik Lewat Jateng Yang Mau Balik Tanpa SIKM dan Hasil Swab Bakal Diswab Antigen. Sudah 7.000 Kendaraan Arus Balik Diperiksa di Pintu Tol Kali Kangkung

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memimpin pemeriksaan pengendara di gerbang tol Kali Kalikangkung Semarang, Minggu (16/5/2021). Foto/Humas Polda

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Polda Jateng menyatakan sudah memeriksa sedikitnya 7.000 kendaraan yang hendak melakukan perjalanan arus balik pasca Lebaran ini.

Pengendara diminta melengkapi dengan surat keterangan bebas Covid-19, SIKM dan lainnya jika ingin tetap melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan.

“Apabila masyarakat kita tidak dilengkapi dengan surat surat administrasi, seperti dokumen Surat Swab, SIKM, KTP di Pos Kali Kangkung, maka akan kita lakukan tes Swab Antigen di pos Kali Kangkung ini,” papar Kapolda Jateng, Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi didampingi Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar saat memimpin pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kali Kangkung, Minggu (16/5/2021).

Kapolda mengatakan bahwa jajaran Polda Jateng selama kegiatan penyekatan di 14 titik Pos pengamanan terpadu sudah memutarbalikkan sebanyak 11.750 kendaraan.

“Hari ini, kita tidak melakukan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi melakukan pemeriksaan terhadap arus balik,” jelas Kapolda kepada wartawan.

Kapolda menambahkan, pemeriksaan yang dilakukan ini berkerjasama dengan Satgas Covid-19 Provinsi dan Pemerintah Kota Semarang dengan melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan meninggalkan provinsi Jawa Tengah.

Pemeriksaan dilakukan salah satunya di pos pengamanan Gerbang Tol Kali Kangkung tersebut.

“Dengan catatan, apabila masyarakat kita tidak dilengkapi dengan surat surat administrasi, seperti dokumen Surat Swab, SIKM, KTP di Pos Kali Kangkung, maka akan kita lakukan tes Swab Antigen di pos Kali Kangkung ini,” imbuh Kapolda.

Kapolda menambahkan, jika dalam tes swab terbukti reaktif, maka akan langsung di rujuk ke rumah sakit terdekat.

Namun jika terbukti negatif, akan diberikan surat keterangan dan akan ditempeli stiker untuk memastikan yang bersangkutan berhak melakukan perjalanan.

“Kita sudah lakukan ini, terhitung hari ini dan kemarin sudah 7.000 yang sudah kita lakukan pemeriksaan. Dan Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait cara yang kita lakukan ini,” jelas Kapolda Jateng. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com