JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Puluhan Ribu Orang Wisatawan Padati Pantai di Gunungkidul dan Bantul Saat Libur Lebaran

Sebuah perahu nelayan sedang berlabuh di pantai Gesing, Gunungkidul. Dok
PPDB
PPDB
PPDB

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Puluhan ribu orang wisatawan padati objek wisata pantai yang ada di Gunungkidul dan Bantul selama libur lebaran.

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul mencatat ada kenaikan signifikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke beberapa pantai selatan Yogyakarta selama libur lebaran.

Melansir Tempo.co, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, merinci jika pada lebaran hari pertama Kamis, 13 Mei 2021, jumlah kunjungan ke pantai masih 2.132 orang, pada lebaran kedua, Jumat 14 Mei angkanya melonjak sebanyak 16.120 orang. Kemudian pada Sabtu, 15 Mei 2021, naik lagi hampir tiga kali lipat.

“Hari ini (Sabtu, 15 Mei 2021) jumlah pengunjung pantai sebanyaak 39.149 wisatawan,” kata Hari

Berdasarkan data pos retribusi, puluhan ribu wisatawan itu paling banyak masuk dari Pos Pantai Baron, Pos Jalur Jalan Lingkar Selatan atau JJLS, Pos Pantai Ngrenehan, Pos Pantai Gesing, dan Pos Pantai Wediombo. “Semua pantai mengalami peningkatan jumlah kunjungan,” kata Hari.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Masih Bermunculan di DIY, Ini Wanti-wanti dari Sultan

Sebuah video amatir yang beredar di media sosial menunjukkan padatnya kunjungan wisatawan ke salah satu pantai Gunungkidul, yakni Pantai Drini. Dalam video tersebut, sebagian besar wisatawan tidak memakai masker dan berkerumun.

Mengenai wisatawan yang mengabaikan protokol kesehatan, Hari menuturkan Dinas Pariwisata telah memberlakukan kuota kunjungan pada setiap destinasi wisata hanya 50 persen dari kapasitas normal. Jika ada wisatawan yang melanggar protokol kesehatan, dari awal masuk atau di pos retribusi akan diperingatkan secara baik-baik. “Kalau masih membandel atau tidak memenuhi parsyaratan sesuai prosedur, maka kami minta putar balik,” kata Hari.

Baca Juga :  Nyambi Edarkan Barang Haram, 2 Pekerja Serabutan di Yogyakarta Ini Dibekuk Polisi

Dalam memantau gerakan kunjungan wisata selama libur lebaran ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melibatkan 359 personel gabungan dinas pariwisata, TNI, Polri, dinas perhubungan, Satpol PP, dinas kesehatan, Tim SAR, dan BPBD.

Adapun Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kwintarto Heru Prabowo menuturkan, lonjakan kunjungan wisatawan di sepanjang pantai di Bantul terdeteksi dari hari kedua lebaran. Pada Kamis, 13 Mei 2021 jumlah wisatawan ke pantai sebanyak 3.565 orang.

“Lebaran kedua, Jumat 14 Mei 2021 sebanyak 12.880 wisatawan, dan Sabtu, 15 Mei 2021 ada 24.898 orang,” kata Kwintarto. Mereka berwisata ke Pantai Parangtritis dan Pantai Depok yang terkenal dengan sentra kuliner ikan laut. #tempo