JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Dideklarasikan dengan Takbir dan Jihad, PAN Karanganyar Tak Khawatir Munculnya Partai Ummat. Sebut Tak Akan Gerus Bassis Massa PAN, Tapi Bisa Jadi Berpengaruh di Konstelasi Politik!

Deklarasi Partai Ummat. Foto: YouTube/Amien Rais Official

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Karanganyar menyebut tidak risau atas munculnya partai politik Ummat.

Parpol baru yang dimotori oleh Amin Rais yang juga mantan pendiri PAN, dinilai tak akan menggerus basis massa PAN. Seperti diketahui, Partai Ummat dideklarasikan oleh Amien Rais dengan iringan takbir dan kalimat jihad.

Hal itu disampaikan Ketua DPD PAN Karanganyar, Muhammad Yunus. Anggota Komisi A DPRD I Provinsi Jawa Tengah itu mengatakan kehadiran Partai Ummat diapresiasi karena akan menambah pilihan demokrasi bagi masyarakat.

Baca Juga :  Tersekat di Tawangmangu, 64 Kendaraan Diputar Balik ke Jawa Timur. Ada 27 Orang Diswab, Jangan Kaget Begini Hasilnya!

“Sebelumnya kami dari PAN mengucapkan selamat datang atas deklarasi Partai Ummat. Kehadiran partai Ummat ini merupakan pengayaan dan alternatif pilihan demokrasi bagi masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya melalui telepon, Minggu (2/5/2021).

Namun ia memastikan kehadiran Partai Ummat tidak akan berpengaruh terhadap konstelasi politik dan basis massa PAN khususnya di Karanganyar.

Meski demikian ia menyebut secara umum pasti sedikit banyak akan berpengaruh terhadap konstelasi partai lain.

Baca Juga :  Indahnya Toleransi. 30 Personel Umat Hindu dan Kristen Berpartisipasi Menjaga Sholat Ied di Lapangan Kemuning, Karanganyar

“Tapi nilai positifnya adalah bahwa kita dituntut untuk lebih memaksimalkan perjuangan kepada rakyat. Dengan demikian, kehadiran parpol baru tidak berpengaruh signifikan terhadap PAN dan partai lain. Kuncinya adalah bagaimana partai yang ada saat ini mampu meyakinkan masyarakat bahwa mereka layak untuk dipilih,” tegasnya.

Ditambahkan, sampai saat ini PAN Karanganyar masih solid. Jika nanti Partai Ummat dideklarasikan di Karanganyar, pihaknya pun tidak khawatir.

“Kita tidak khawatir. Kami masih tetap solid,” pungkasnya. Wardoyo