JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Evaluasi Pasca Lebaran Polres dan Kodim 0727 Karanganyar,  Jumlah Wisatawan Melonjak. Masih Banyak Warga Tak Menjaga Jarak

Kapolres Karanganyar dan Komandan Kodim Karanganyar melakukan monitoring prokes selama Lebaran 2021 / Foto: Beni Indra
   
Kapolres Karanganyar dan Komandan Kodim 0727 Karanganyar melakukan monitoring prokes selama Lebaran 2021 / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Hasil monitoring pada pernak-pernik selama Iedul  Fitri 1442 H oleh Polres dan Kodim 0727 Karanganyar diketahui terdapat sejumlah hal menonjol tentang ketaatan terhadap Protokol Kesehatan (Prokes).

Selain itu meski sudah diperingatkan sedemikian rupa, banyak warga tetap nekad berwisata,  sehingga volume kunjungan wisata di obyek wisata Karanganyar melonjak.

Kapolres Karanganyar AKBP Muhammad Syafi mengatakan, hasil pantauan Polres Karanganyar bersama Satgas Covid-19 dan Kodim setempat diketahui warga masih perlu  dilakukan pembinaan untuk mentaati Prokes.

“Selama dua minggu pantauan kami selama aktifitas lebaran yang menonjol adalah lemahnya ketaatan warga untuk menjaga jarak terutama terjadi diobyek wisata,” ungkapnya.

Meskipun diakui Kapolres kedisiplinan warga untuk memakai masker sudah relatif baik,  begitu juga untuk cuci tangan. Terbukti warga memanfaatkan fasilitas cuci tangan dengan sabun disetiap tempat umum yang sudah menyediakan fasilitas tersebut.

Untuk itu Kapolres mengakui sering terjun langsung ke tempat umum guna melakukan pengawasan protokol kesehatan.

“Kemarin (Minggu 16/5/2021) saya dengan Dandim Karanganyar turun di kawasan wisata untuk patroli riil prokes,” tandasnya.

Adapun yang menonjol lainnya pernak-pernik aktifitas lebaran adalah lonjakan volume kendaraan yang melintas seiring terjadinya lonjakan wisatawan. Meski begitu Satlantas Polres Karanganyar bergerak cepat sehingga meski volume kendaraan melonjak namun tidak sampai terjadi kemacetan.

Sementara terkait penyekatan jalan selama mudik di Karanganyar berjalan lancar tidak menemui kendala substansial. Secara umum data Lantas Polda Jateng menyebutkan dari 14 pos penyekatan di Jateng berjalan aman lancar termasuk di wilayah Polres Karanganyar perbatasan Jatim-Jateng.

Dan dari sebanyak 39.494 kendaraan yang melintas selama arus mudik via Jateng diketahui ada yang diputar balikkan. Dengan perincian  untuk kendaraan yang di putarbalikan dari Jawa barat ke Jawa Tengah, Lanjut Kapolda Jateng, ada 11.700 kendaraan.

Sedangkan kendaraan dari arah Jawa Timur ke Jawa Tengah sebanyak 6.000 kendaraan, termasuk kontribusi dari penyekatan dieilayah Polres Karanganyar. Sisanya dari DIY menuju Jateng sebanyak 4.000 kendaraan.

Sementara itu Dandim 0727 Karanganyar Letko Ikhsan Agung Widyo Wibowo mengatakan secara umum grafik tingkat ketaatan warga Karanganyar termasuk wisatawan selama lebaran sudah baik. Meskipun ada sedikit yang masih belum memahami tentang pentingnya jaga jarak.

“Sebenarnya sudah baik tingkat ketaatannya, hanya saja khusus wisatawan memang ditemukan agak ngeyel meski petugas sering mengingatkan,” tandasnya.

Bahkan Dandim memberikan apresiasi pada Kapolres Karanganyar AKBP Muhammad Syafi yang tanpa lelah sering turun kelapangan. Begitu juga apresiasi pada warga pemilik jasa pelayaban yang selalu menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun serta fasilitas hand sanitazer serta masker gratis.

“Ini tinggal sedikit lagi menyadarkan warga untuk taat jaga jarak karena yang lainnya sudah taat pakai masker cuci tangan dan lainnya,” ujarnya. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com