JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

“Matur Nuwun Pak Bupati, Pak Wabup, Kami Dapat Bingkisan Lebaran”

Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Raut muka gembira terpancar dari ratusan buruh gendong dan tukang sapu di Boyolali. Ya, mereka rela antre untuk mendapatkan bingkisan lebaran.

Pembagian bingkisan digelar di halaman Pendapa Alit Rumah Dinas Bupati Boyolali, Selasa (4/5/2021). Panitia menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat dalam pembagan bingkisan tersebut.

Misalnya, warga calon penerima bingkisan harus menunggu di luar komplek Pendapa Alit.

Selanjutnya, panitia memanggil berurutan masing-masing sebanyak lima orang untuk masuk lewat pintu gerbang yang dijaga petugas Satpol PP.

Sebelum menerima bingkisan, mereka juga harus mencuci tangan menggunakan sabun di tempat yang telah disediakan.

Baca Juga :  Pengendara Motor di Bawah Umur Tewas Tertabrak Truk Tangki BBM. Korban Terjatuh Saat Mendahului Motor Sebelum Tertabrak Truk

Menurut Partini, Kasubag Bina Mental Spiritual Kesra Boyolali, total jumlah buruh penerima bingkisan sebanyak 112 orang.

Mereka terdiri buruh gendong di Pasar Kota Boyolali dan Pasar Sunggingan serta petugas kebersihan Kota Boyolali.

“Jumlah penerima bingkisan menurun dibandingkan tahun lalu sebanyak 156 orang karena jumlah buruh gendong juga berkurang,” katanya di sela pembagian bingkisan.

Adapun bingkisan berupa paket sembako ditambah amplop berisi sejumlah uang. Namun demikian, pihaknya tidak menjelaskan secara rinci paket sembako tersebut. Hanya disebutkan bahwa total anggaran bingkisan sebesar Rp 28 juta.

Baca Juga :  Bupati Boyolali Lantik Sembilan Kades Hasil PAW

“Ini rutin diserahkan menjelang lebaran,” ujarnya.

Bupati Boyolali M Said Hidayat berharap, pemberian paket bingkisan bisa membantu para buruh gendong dan petugas kebersihan dalam menyambut lebaran tahun ini.

Ini juga sebagai bentuk empati Pemkab Boyolali terhadap para buruh gendong dan petugas kebersihan.

Salah satu penerima bingkisan, Sri Nuryami (35) mengaku senang mendapat bingkisan tersebut.

“Senang sekali, ini kali ketiga saya mendapatkan bingkisan seperti ini. Paket sembako bisa digunakan menyambut lebaran,” ujarnya.  Waskita