JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Mendedakan Probiotik dan Prebiotik, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

Yogurt. Foto: pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Probiotik dan prebiotik adalah dua hal yang berbeda, masyarakat sering salah kaprah terhadap dua hal ini.

Lalu apa sebenarnya perbedaan di antara keduanya?

Prebiotik adalah makanan yang mengandung tinggi serat yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia sebab komponen makanan ini tidak dapat dicerna, fungsi prebiotik ini berguna menjaga jumlah bakteri tetap terjaga sehingga bakteri di dalam tubuh tetap terus ada di dalam usus tubuh.

Sedangkan probiotik, dapat ditemui dalam produk makanan, seperti yoghurt dan kimchi, serta beberapa suplemen dalam bentuk minuman, kapsul, atau bubuk, namun biasanya produk yang disebutkan di atas sudah merupakan kombinasi antara prebiotik dan probiotik yang biasa disebut sinbiotik.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Tumbuhan yang diketahui mengandung prebiotik adalah gandum, kacang kedelai, dan dari jenis buah sendiri seperti bawang bombai, bawang putih, daun bawang, asparagus, buah tin, dan pisang.

Makanan yang bisa diolah menjadi sumber prebiotik bersumber dengan konsumsi pisang. Seperti yang dikutip dari Jurnal Agritech Institue Teknologi Bogor (IPB), pisang ambon punya kandungan vitamin dan mineral esensial sangat bermanfaat bagi kesehatan, walau biasanya masyarakat mengonsumsinya dalam bentuk utuh. Diketahui kandungan gula yang tinggi seperti senyawa fruktooligosakarida (oligofrucrose) sekitar 0,3 persen dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber prebiotik.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Mengonsumsi minuman probiotik memiliki banyak manfaat, seperti membantu mengatasi gangguan pencernaan, sepert diare dan sembelit. Kondisi bakteri dalam usus yang tidak seimbang justru bisa mengakibatkan radang usus, namun dengan konsumsi prebiotik ini dapat membantu kurangi gejala. Tak hanya itu, konsumsi prebiotik juga baik untuk mencegah kondisi saluran pencernaan jadi tidak baik seperti diare.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com