JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

PMI Karanganyar Kebanjiran Permintaan Darah Orang Penyintas Covid-19. Tapi Tak Bisa Melayani Meski Stok Darah Aman, Ini Masalahnya!

Ilustrasi donor darah
PPDB
PPDB
PPDB

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mendekati hari Lebaran, stok darah di PMI Karanganyar dinilai masih relatif aman dan mencukupi.

Meski sumbangan darah dari masyarakat menurun signifikan selama ramadan, hal itu dinilai tak berpengaruh pada ketersediaan darah di PMI.

Ketua PMI Karanganyar, Timotius Suryadi mengatakan penurunan sumbangan darah dari pendonor sampai 20 persen.

Nyaris tidak ada lagi jemput bola donor darah yang biasanya dilakukan di sejumlah event keramaian. Terlebih sat puasa, pendonor rutin memilih tidak dulu mendonorkan darah.

“Akhirnya hanya mengandalkan komunitas tetap yang datang ke PMI untuk donor darah. Komunitas lain ini seperti umat gereja. Kalau kebanyakan umat Islam memang memilih tidak donor darah selama ramadan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (7/5/2021).

Dari rekap data di PMI, hingga hari ini stok darah PMI 129 kolf dengan terbanyak golongan darah O.

Stok darah ini dinilai aman untuk mencukupi kebutuhan mandiri fasilitas kesehatan di Karanganyar. Timotius mengatakan pihaknya menyetop pengiriman logistik darah ke kabupaten/kota lain selama ramadan.

“Karena memang permintaan darah juga menurun, seiring ramadan berlangsung. Tidak ada kejadian luar bisa yang membuat kami harus membantu logistik ke daerah lain,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pandemi Covid-19 membuat skrining calon pendonor lebih ketat. Petugas akan melakukan pengecekan kesehatan serta riwayat kesehatan sebelum mengambil darah pendonor.

Setelah itu, darah masih diteliti apakah berpenyakit ataukah tidak.

“Mengantisipasi adanya penularan penyakit lewat darah, sudah diantisipasi sejak awal dari mulai skrining sampai pemeriksaan sampel. Baik itu sudah vaksin atau swab tetap dilakukan pemeriksaan sesuai SOP PMI,” katanya.

Ia justru menerima banyak permintaan darah dari pendonor konvalesen atau penyintas Covid-19. Hanya saja, PMI Karanganyar tidak ditunjuk oleh PMI Jateng untuk pemrosesannya.

“Yang bisa baru PMI Solo di wilayah sini. Mereka yang ingin mendonor konvalesen juga kami sarankan ke PMI Solo saja,” katanya. Wardoyo