JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Volume Kunjungan Wisata Tawangmangu dan Ngargoyoso Tak Terbendung. Seolah Tak Ada Lagi Rasa Takut Covid-19

Objek wisata di kawasan Tawangmangu sudah dipadati pengunjung / Foto: Beni Indra
PPDB
PPDB
PPDB

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Meski larangan mudik terkait pandemi Covid-19 sudah diberikan dengan tegas, namun realitas di lapangan jauh berbeda.

Pada Sabtu (15/5/2021) kemarin, volume kunjungan wisata di Tawangmangu dan Ngargoyoso tak terbendung. Sudah hampir 70.000  pengunjung merapat pada dua tempat tersebut.

Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM , arus lalu-lintas dari barat ke timur menuju Tawangmangu dan Ngargoyoso sudah terlihat macet, mulai Jalan Lawu Karanganyar kota hingga pertigaan Karangpandan yang menghubungkan Ngargoyoso dsn Tawangmangu.

Bukan hanya itu, ledakan arus kendaraan juga terjadi di jalur selatan menuju Tawangmangu tepatnya jalur Matesih.

Sementara, di lokasi obyek wisata Grojogan Sewu Tawangmangu serta kawasan resto menuju Cemoro kandang semua penuh dengan pengunjung.

Dari seluruh tumpukan pengunjung wisata Tawangmangu dan Ngargoyoso dan kendaraan yang terjebak macet terhitung mencapai hampir sebanyak 70.000 pengunjung wisata padati Tawangmangu dan Ngargoyoso.

Ketua Bumdes obyek wisata air terjun Jumog Ngargoyoso, Suyatno mengakui ledakan pengunjung wisata Jumog lebaran kali ini jauh lebih besar pada hari biasanya.

“Menurut perkiraan kami ini lonjakannya nyaris empat kali lipat dari lebaran tahun lalu,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (15/5/2021).

Suyatno yang juga Kades Berjo, Ngargoyoso mengakui kemungkinan Sabtu hari ini merupakan puncak kunjungan wisata sehingga terhitung Sabtu pukul 14.00 WIB arus kunjungan masuk keobyek wisata Ngargoyoso terus menumpuk dan macet dijalankan.

“Puncaknya ya hari ini karena minggu esok warga sudah persiapan kembali ke perantauan.Adapun wisatawan lokal sudah fokus persiapan bekerja,” ungkapnya.

Diakui ledakan kunjungan wisata lebaran tahun ini lebih didominasi oleh wisatawan lokal meskipun tidak tertutup kemungkinan wisatawan luar kota masuk juga cukup banyak. Pantauan itu berdasarkan Nopol kendaraan yang melintas.

Sementara itu Kades Sepanjang, Tawangmangu, Ngadino Spd mengatakan jalur sekata menuju wisata Tawangmangu macet sedangkan dijalur tengah jalur utama juga macet.

“Seramai-ramainya kunjungan wisata Tawangmangu via jalur selatan tidak seramai hari ini Sabtu (15/5/2021) ini luar biasa,” ungkapnya. Beni Indra