JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Diduga Korsleting Listrik Rumah Daliman Warga Ngringo, Jaten, Karanganyar Dilalap Api

Rumah Daliman, warga Ngrinho, Jaten, Karanganyar yang terbakar / Foto: Beni Indra
PPDB
PPDB
PPDB

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Diduga korsleting  listrik, rumah milik Daliman, warga Dusun Banaran RT 04/07 Desa Ngringo Kecamatan Jaten, Karanganyar, Jateng terbakar, Kamis (10/6/2021).

Warga pun panik api membesar karena letaknya bergandengan dengan pabrik tekstil Kencana Tex sehingga jika pabrik itu tersambar api maka kebakaran akan membesar.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM menyebutkan, Kamis (10/6/2021) malam sekitar pukul 20.15 WIB pemilik rumah berteriak karena melihat  ada percikan api di rumahnya. Sekian detik berikutnya lampu mati dan terlihat asap.

Karena ketakutan Daliman (70) beserta anaknya Suprianto keluar rumah mencari pertolongan saat melihat api berkobar membakar rumahnya. Sejurus kemudian warga datang berusaha memadamkan api secara manual.

Baca Juga :  Setelah Ngebut  Persiapan, Dinas Pendidikan Karanganyar Tegaskan Semua Sekolah di Karanganyar Siap Jalankan PTM

Namun rupanya upaya tersebut tidak membuahkan hasil karena api terlanjur membesar ditiup angin kencang dari selatan. Akhirnya warga menghubungi unit pemadam kebakaran Karanganyar.

Hanya tempo beberapa menit,  10 Tim pemadam kebakaran dari Kantor Satpol PP Pemkab Karanganyar datang dan langsung memadamkan api. Tak sampai 25 menit api bisa dipadamkan.

Kadus Banaran, Desa Ngringo, Jaten, Guntoro membenarkan kejadian tersebut.

“Api bergerak begitu cepat karena tiupan angin dari selatan meskipun dengan peralatan seadanya warga berusaha memadamkan api tapi kewalahan,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (10/6/2021).

Guntoro menjelaskan tidak ada korban jiwa pada kejadian itu karena pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri keluar rumah. Hanya saja satu unit sepeda motor dan tiga sepeda onthel terbakar.

Baca Juga :  Prihatin Kelamaan Daring Siswa Cenderung Terlalu Bebas, Bupati Karanganyar Ngotot Lakukan Pembelajaran Tatap Muka di Tahun Ajaran Baru

Kerugian ditaksir sekitar puluhan juta rupiah. Kini warga masih membantu evakuasi puing-puing akibat kebakaran tersebut.

” Kebetulan saja rumah itu pada saat kejadian hanya tinggal Daliman dan anaknya sedangkan keluarganya yang rumahnya bersebelahan sedang pergi ke Kalimantan,” ungkapnya.

Kades Ngringo, Jaten, Widodo SH MH mengatakan pihak desa menghimbau agar warga waspada terhadap konslet listrik sekecil apapun karena berbahaya.

“Dengan kejadian ini kami terus meminta warga waspada terutama kabel listrik yang sudah lama perlu diganti agar tidak memicu konslet,” ungkapnya. Beni Indra