JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Fried Chicken Enak dan Lezat, Jika Terlalu Sering Makan Bisa Bedampak Buruk untuk Kesehatan

Ilustrasi Fried Chicken. Pixabay
PPDB
PPDB
PPDB

JOGLOSEMARNEWS.COM – Fried chicken merupakan salah satu makanan cepat saji (fast food) yang disukai banyak orang.

Selain praktis dan relatif murah, fried chicken memiliki rasa yang lezat.

Fried chicken dengan mudah dijumpai di pinggir jalan ataupun direstoran dengan brand tertentu.

Lalu apa dampaknya untuk kesehatan tubuh jika makan fried chicken setiap hari?

Dilansir dari laman Eat This, Jumat (4/6), berikut beberapa efek samping dari konsumsi fried chicken secara teratur.

Memicu kembung

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghadiri kegiatan pelayanan ternak terpadu pada Program Prioritas Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di Desa Bontomanai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Makanan berlemak seperti fried chicken memerlukan waktu yang lama untuk dicerna oleh saluran pencernaan. Artinya makanan tersebut bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, dan akibatnya Anda akan mengalami kembung. Itu semua disebabkan oleh kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi dari fried chicken.

Gejala-gejala ini meningkat jika Anda memiliki dispepsia fungsional (FD), gangguan umum yang menggambarkan tanda dan gejala gangguan pencernaan berulang yang tidak memiliki penyebab yang jelas.

Menambah berat badan

Fried chicken mengandung kalori yang sangat tinggi, karena itu jika dikonsumsi secara teratur bisa menambah berat badan Anda. Lemak trans yang terkandung dalam fried chicken juga bisa meningkatkan LDL Anda. LDL adalah jenis kolesterol berbahaya yang dapat menyumbat arteri dan menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Bikin Lesu

Pernahkah Anda merasa lesu setelah makan beberapa potong fried chicken? Itu terjadi karena ketika makan fried chicken, usus akan terisi oleh bahan-bahan inflamasi dan menyebabkan lebih bakteri jahat tumbuh. Konsumsi fried chicken terlalu banyak dapat menghambat jumlah bakteri baik yang dihasilkan usus Anda dan karenanya memengaruhi tingkat energi dan suasana hati Anda.

Meningkatkan risiko kematian.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan di BMJ mengungkapkan bahwa wanita yang makan satu porsi fried chicken dalam satu hari, memiliki risiko kematian 13 persen lebih tinggi dari sebab apapun, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan fried chicken sama sekali.

www.republika.co.id