JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Laju Covid-19  Meningkat, Kodim 0727 Karanganyar Rangkul Tokoh Masyarakat Tingkatkan Gerakan Moral  Edukasi Ketaatan Prokes

Foto: Beni Indra
PPDB
PPDB
PPDB

Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Seiring meningkatnya laju  penyebaran Covid-19, Kodim 0727 Karanganyar lakukan terobosan dengan  merangkul para tokoh masyarakat untuk bangkit lagi melakukan gerakan moral edukasi tentang ketaatan terhadap Protokol Kesehatan (Prokes).

Pasalnya dalam budaya paternalistik,  figur tokoh daerah masih ampuh menjadi panutan masyarakat walaupun zaman terus maju menuju era digital.

Untuk itu,  peran tokoh masyarakat terus dikembangkan dan diperluas sebagai mitra TNI dalam menjaga  dan mengatasi persoalan teritorial. Apalagi tokoh masyarakat memiliki magnet serta cara solutif khas dalam mengkomunikasikan segala persoalan yang terjadi di masyarakat.

Dandim 0727 Letkol Inf Ikshan Agung Widyo Wibowo mengatakan,  guna mengatasi segala persoalan yang ada di daerah tidak bisa diatasi sendiri.  Namun harus merangkul sejumlah pihak non kelembagaan yang perannya sangat penting, yakni tokoh masyarakat lokal.

Baca Juga :  Antisipasi Covid-19, Pengambilan Rapor 1.200 Murid MI Muhammadiyah Karanganyar Dishift Dua Hari

“Disadari atau tidak peran tokoh masyarakat itu sangat penting karena profil mereka lebih  dekat dengan warga secara natural.  Mereka juga menjadi panutan.  Maka dalam mengatasi segala persoalan termasuk Covid-19, Kodim 0727 Karanganyar selalu bersama tokoh masyarakat,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM di sela acara Komsos dengan puluhan tokoh masyarakat Karanganyar di Makodim, Kamis (10/6/2021).

Dandim menjelaskan, acara Komsos tersebut mengundang komponen nasyarakat yakni tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh profesi, LSM dan Ormas mahasiswa/para pelajar.

Adapun materinya  tentang pentingnya pemahaman bersama untuk berbuat semampu kita dengan power masing-masing untuk  mewujudkan Karanganyar maju, tenteram dan tangguh.

Baca Juga :  Ketua DPRD Karanganyar Ungkap Kecerobohan-Kecerobohan Penanganan Covid-19 di RS. Cemaskan Pasien Positif Hanya Isoman di Rumah, Mereka Santai Saja Tapi Yang Tertular Bisa Mati!

Dengan begitu, jelas Dandim, walaupun  latar belakang yang berbeda-beda dan kadang terjadi beda pendapat tapi tetap toleransi dan satu visi bersama memajukan Karanganyar.

“Kami meminta dengan kebersamaan ini dalam melaksanakan kegiatan apapun
tetap dengan senang dan bahagia sehingga akan menimbulkan kekuatan yang luar biasa untuk menjaga keutuhan NKRI ini,” ungkapnya.

Diketahui, pekan lalu Kabupaten Karanganyar sempat masuk lima besar daerah dengan laju penambahan covid terbanyak se Jateng.

Bahkan sempat masuk zona merah, maka Kodim 0727 bersama Satgas covid getol melakukan sosialisasi prokes sebagai upaya pencegahan.

Pada acara tersebut Dandim juga memberikan sejumlah bingkisan kepada tokoh masyarakat sebagai bentuk kedekatan kebersamaan.  Beni Indra