JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Pekan Lalu 14, Kini Jumlah ASN Pemkot Yogyakarta yang Terpapar Covid-19 Mencapai 50 Orang dan Tersebar di 8 Instansi

ilustrasi virus Corona


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Persebaran Covid-19 di lingkungan Balaikota Yogyakarta kian meluas. Jika pekan lalu terdapat 14 kasus Covid-19, data terbaru menyebut penyebarannya sudah meluas hingga ke delapan instansi.

“Sampai hari ini, total ASN yang terpapar Covid-19 sudah 50-an orang, tersebar di delapan OPD (organisasi perangkat daerah),” kata Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi usai pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin (21/6/2021).

Heroe mengungkapkan, ASN paling banyak terpapar bekerja di Dinas Sosial Tenaga Kerja dengan jumlah mencapai 30 orang. Akibatnya kantor dinas itu kini ditutup.

“Kami lockdown, tetapi layanan terbatas masih bisa dilakukan baik secara daring ataupun dengan petugas piket,” kata Heroe.

Kantor dinas lainnya dengan jumlah ASN terkonfirmasi Covid-19 cukup banyak adalah Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Kantor Unit Pemadam Kebakaran, dan Sekretariat Balai Kota Yogyakarta.

Heroe menyebut penularan terjadi dengan cepat namun dia belum bisa mengidentifikasi varian virus yang berada di baliknya.

Baca Juga :  PPKM Level 4 Diperpanjang, DPRD DIY Sayangkan Pencairan Bansos Lamban

“Kami belum bisa memastikan apakah termasuk virus Covid-19 varian baru atau bukan, tapi melihat kasus dan pertumbuhannya termasuk sangat cepat,” katanya.

Di Kabupaten Gunungkidul, Kepala Dinas Kesehatan Dewi Irawaty menuturkan tengah menelusuri munculnya penularan massal Covid-19 di wilayahnya.

Dia menunjuk kepada kasus terkonfirmasi positif 16 pedagang di kawasan pantai selatan di Kecamatan Tanjungsari.

“Tapi ini bukan klaster pantai meskipun para pedagang itu tinggal di sana,” kata Dewi.

Berdasarkan hasil tracing yang sudah dilakukan, dia curiga penularan bersumber dari acara hajatan dan kegiatan bersih desa atau juga rasulan.

“Waktu itu pedagang di situ mengikuti rasulan,” kata dia.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih, mengatakan penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang dilaporkan di DIY hari ini tercatat sebanyak 662 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi  53.303 kasus.

Baca Juga :  RSUP Dr Sardjito Bangun 65 Ruang Isolasi Tambahan untuk Hadapi Lonjakan Pasien Covid-19

Angka di atas 600 kasus yang terus mendekati 700 kasus dalam sehari di DIY ini, sudah terjadi tiga hari berturut-turut sejak Sabtu lalu. Dalam tiga hari ini di DIY ada tambahan 1.965 kasus Covid-19.

www.tempo.co