JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Puluhan Warganya Terpapar Covid-19, Pedukuhan Dengok di Gunungkidul Lockdown Lokal

Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. Foto/Kemenkes
   

GUNUNGKIDUL, JOGLOSEMARNEWS.COM Diam-diam, ternyata ledakan kasus Covid-19 terjadi di Kabupaten, Gunungkidul, Yogyakarta pekan ini.

Diketahui, puluhan warga yang berasal dari Padukuhan Dengok II, Desa Dengok, Kecamatan Playen  dinyatakan positif Covid-19 setelah pelacakan (tracing) dilakukan Satgas Covid-19 setempat, Selasa (8/6/2021) dan Rabu (9/6/2021).

“Hingga hari ini dari Padukuhan Dengok sudah 42 warga yang positif Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty, Rabu (9/6/2021).

Penularan Covid-19 di Dengok dipicu saat ada seorang warga meninggal dunia dengan status positif Covid-19.

Baca Juga :  Tak Gubris Peringatan Petugas, 3 Pelajar Pria Asal Madiun Ini Terseret Arus di Pantai Parangtritis

Sebelum meninggal, warga itu sempat dirawat di rumah sakit. Satgas Covid-19 setempat sempat melakukan pelacakan dengan swab test antigen terhadap keluarga yang bersangkutan.

Dari pelacakan kerabat keluarga warga yang meninggal dunia itu, diketahui penularan sudah meluas ke puluhan warga padukuhan itu.

Sebagian besar dari mereka yang terpapar diminta melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dan sebagian kecil dirawat di rumah sakit.

“Kasus penularan di Dengok ini sudah termasuk klaster baru,” kata Dewi.

Untuk mencegah penyebaran makin meluas, padukuhan ini pun menutup akses atau lockdown lokal sementara selama 14 hari ke depan.

Baca Juga :  Hendak Tawuran dengan Sajam dan Bom Molotov, Lima Remaja Asal Bantul Diamankan Polisi

Lonjakan Covid-19 di Gunungkidul meningkat dalam beberapa hari terakhir. Selain kemunculan klaster Dengok itu, sebelumnya juga muncul klaster pabrik tas di Desa Bandung, Kecamatan Playen dengan total 26 orang positif.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY Berty Murtiningsih mengatakan pada Rabu ini distribusi kasus terkonfirmasi Covid-19 tertinggi disumbang Kabupaten Bantul, yakni sebanyak 116 kasus, dan disusul Sleman sebanyak 111 kasus baru.

“Kabupaten Gunungkidul hari ini tercatat ada tambahan 23 kasus,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com