JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sama-sama Pegawai Negara, Ini Perbedaan ASN, PNS, dan PPPK

Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS). Foto: TEMPO/Subekti

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Orang awam masih belum mengerti atau bingung dalam mebedakan antara Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Orang pada umumnya beranggapan ASN dan PNS merupakan istilah pada status kepegawaian yang sama.

Begini perbedaan defisini antara PNS dan ASN, Aparatur Sipil Negara dibedakan menjadi dua, yakni PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga :  Dinilai Mampu Perbaiki Ekonomi Nasional, Airlangga Jadi Capres yang Paling Diinginkan

Dengan demikian dapat disimpulkan, ASN belum tentu PNS, akan tetapi PNS sudah pasti merupakan ASN.

Keduanya sama sama berstatus yang merujuk pada penjelasan dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, disebut bahwa ASN terdiri dari PNS dan PPPK.

Dalam pasal 1 disebutkan, PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Baca Juga :  Komentari Peluang Kerja Sama PKS dan Demokrat, PDIP Akan Beri Teguran Tertulis untuk Masinton

Fungsi dari PNS sendiri adalah sebagai pembina kepegawaian dan tujuannya untuk menempati posisi di pemerintahan yang sifatnya permanen.

Sementara, PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua