JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sebelum Terlanjur, Ini Gejala Darurat Covid-19 yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. Foto/Kemenkes
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Anda tentu tak ingin repot jika tiba-tiba divonis terpapar Covid-19. Bisa-bisa harus terpisah dari orang-orang yang dicintai cukup lama untuk melakukan isolasi.

Namun, sebelum terlanjur, ada baiknya kita mengetahui gejala-gejala darurat apa yang menunjukkan kehadiran Covid-19.

Beberapa gejala darurat Covid-19 memerlukan perhatian medis segera karena kelalaian sekecil apapun dapat menyebabkan kita harus menjalani rawat inap, bahkan kematian.

Berikut gejala darurat Covid-19 yang perlu diketahui.

Kerusakan Ginjal

Penderita diabetes dan tekanan darah tinggi harus lebih memperhatikan kesehatan pasca-Covid-19. Kadar gula darah yang tinggi dan sakit pada bagian perut harus diperhatikan.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Nyeri Dada

Nyeri dada atau sensasi terbakar pada paru-paru dapat diindikasikan sebagai peradangan paru-paru yang parah atau cedera pada jantung. Sekitar sepertiga orang yang meninggal karena Covid-19 mengeluhkan sakit di bagian dada sehingga hal ini tidak boleh diabaikan.

Sakit Kaki atau Bengkak

Nyeri kaki, pembengkakan satu sisi, detak jantung yang cepat, dan kelemahan anggota badan dapat dikaitkan dengan pembentukan gumpalan darah di dalam tubuh. Jika diabaikan, tanda-tanda ini dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Sesak Napas

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Kesulitan bernapas dan sesak dada merupakan tanda paru-paru tidak berfungsi dengan baik. Hal ini sering terjadi pada pasien Covid-19 yang parah.

Sakit Tenggorokan dan Refluks Asam

Sakit tenggorokan dan refluks asam dikaitkan dengan masalah pencernaan. Gejala Covid-19 ini terlihat pada sekitar 61 persen kasus. Orang dengan riwayat penyakit gastrointestinal biasanya rentan terhadap masalah ini.

Gangguan Memori atau Kabut Otak

Gangguan stres pascatrauma (PSTD) adalah masalah yang mengkhawatirkan, terutama untuk pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Jika mengalami kesulitan melakukan aktivitas, segera konsultasikan dengan dokter.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com