JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sedulur Wonogiri, Ngurus Perceraian dan Perkara Lainnya Tak Perlu Lagi ke Kantor Pengadilan Agama, Cukup Pakai Aplikasi Sipawon

Peluncuran layanan Sipawon di Pengadilan Agama Wonogiri. Joglosemarnews.com / Aris Arianto
PPDB
PPDB
PPDB

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga Wonogiri yang ingin mengurus perkara perceraian dan lainnya kini tak harus datang ke kantor Pengadilan Agama (PA) Wonogiri. Pasalnya saat ini sudah diluncurkan inovasi pelayanan Serambi Pengadilan Agama Wonogiri atau disingkat Sipawon, Kamis (10/6/2021).

Dengan adanya aplikasi itu tahapan mengurus perkara yang selama ini berjalan bisa dipangkas hingga 50 persen. Pelayanan Serambi itu diwujudkan dalam bentuk aplikasi dan mobil keliling.

Ketua PA Wonogiri, Nasrulloh, mengatakan Sipawon yang bertujuan mendekatkan masyarakat dengan PA dalam mencari keadilan hukum.
Pelayanan Sipawon berbentuk aplikasi dan mobil keliling. Mobil yang dimiliki PA akan menuju ke daerah-daerah atau kecamatan.

“Aplikasinya digunakan melakukan pengecekan proses mengurus perkara. Misalnya akta perceraian sudah jadi atau belum. Ada notifikasinya, kontrol jarak jauh,” kata dia.

Baca Juga :  Renyahnya Tempe Keripik Benguk Asli Wonogiri, Rasanya Pengin Makan dan Makan Lagi Bikin Nagih Pokoknya

Dengan adanya pelayanan Serambi bisa memangkas atau mempersingkat proses mengurus perkara hingga 50 persen. Biasanya mengurus perkara di PA paling cepat seseorang harus empat kali datang ke PA. Meliputi proses pendaftaran, pembayaran, persidangan dan pengambilan produk hukum.

“Lewat layanan ini proses pendaftaran, pembayaran dan pengambilan produk hukum seperti hasil putusan, akta perceraian dan lainya bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi dan memanfaatkan mobil keliling PA ketika ke daerah,” ungkap dia.

Dengan begitu, kata Nasrulloh, bisa memotong waktu dan biaya yang selama ini dilakukan oleh orang yang berperkara di PA. Biaya transportasi dan lainnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Terlebih di tengah pandemi COVID-19, sektor ekonomi tengah banyak yang terpuruk.

Baca Juga :  Ternyata Ada Lapangan Tembak di Wonogiri Slur, Namanya Lapangan Tembak Presisi Sanika Satyawada Lokasinya di Wuryantoro Lor Kecamatan Wuryantoro

“Kami membuat layanan jemput bola ke daerah itu juga disebabkan wilayah Wonogiri yang begitu luas. Medan ke sana juga berbeda dengan daerah lain. Kasihan juga warga yang jauh dari PA harus bolak-balik ke kantor,” beber dia.

Setelah diluncurkan pihaknya langsung melakukan pelayanan ke Kecamatan Jatisrono. Pekan depan ke Kecamatan Baturetno. Awal-awal ini baru dia kecamatan itu, nanti seiring berjalannya waktu akan kami tambah lagi daerah pelayanannya.

Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno, menuturkan mampu menghadirkan satu layanan yang mampu menghapus kendala dalam melaksanakan tupoksi PA. Sebagai aparatur negara, menurut dia, dalam menjalankan tugas ada tuntutan modernisasi dan efisiensi. Dalam hal itu bisa memanfaatkan tekonologi informasi yang saat ini semakin mudah digunakan. Aris