JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Siap-siap Guru SD dan SMP di Wonogiri Segera Divaksin Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Alias PTM

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 pertama kali di Wonogiri, Selasa (26/1/2021). JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Guru jenjang SD dan SMP di Wonogiri bakal segera divaksin. Langkah ini sebagai persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) tahun ajaran baru.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengungkapkan hal itu. Dia mengatakan kebijakan itu untuk mendukung dilakukannya PTM terbatas pada 12 Juli.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Wonogiri untuk melakukan pemetaan sasaran vaksinasi,” kata Bupati, baru-baru ini.

Ada 220 vial vaksin yang pada Senin (14/6/2021) didistribusikan ke Puskesmas. Yang akan divaksin adalah guru di SD dan SMP yang sesuai dengan kewenangan Pemkab.

“Kita vaksin lebih awal, supaya PTM terbatas itu bisa direalisasikan,” kata dia.

Pihaknya belum bisa menyebutkan jumlah guru yang bakal divaksin. Yang jelas, pihaknya mempersiapkan data guru untuk divaksin. Vaksin itu nantinya akan dikirim dari pemerintah pusat.

Baca Juga :  Alhamdulillah Obat dan Vitamin untuk Warga yang Isolasi Mandiri di Wonogiri Mulai Didistribusikan

Sebagai Bupati, Jekek menginginkan PTM terbatas bisa dilakukan pada 12 Juli. Bahkan, sejak awal pandemi pun hal itu pingin direalisasikan.

“Kalau PTM dilakukan secara terbatas pasti akan sangat terukur (dalam penerapan protokol kesehatan,red). Misalnya dibagi, pagi berapa persen yang masuk sisanya PJJ (pembelajaran jarak jauh). Kalau memungkinkan ya di sistem shift,” beber dia.

Menurut dia, setidaknya PTM tetap bisa dilakukan. Hal ini demi menjaga kualitas pendidikan. Sementara itu, juga dilakukan upaya demi mencegah penularan Corona di sekolah.

Alasan divaksinnya para guru, kata dia, mereka adalah golongan yang rentan terpapar Corona. Sementara itu, berdasarkan datanya, Bupati menyebut hanya sedikit anak-anak yang terpapar korona. Anak-anak dinilai memiliki imun yang lebih bagus.

Bupati mengatakan, bersama dengan Dinkes sudah melakukan simulasi vaksinasi bagi para guru. Pihaknya sedang mempercepat vaksinasi bagi para guru. Nantinya saat stok vaksin menipis, pihaknya akan berkoordinasi dengan pusat supaya mendapatkan dropping vaksin. Aris