JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tingkatkan Imun Tubuh dengan 4 Tanaman Herbal Ini

pexels
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Di saat pandemi kesehatan tubuh menjadi yang utama. Agar tubuh tetap sehat makan imunitas harus tetap harus terjaga.

Selain olahraga menjaga sistem imun dapat dilakukan dengan mengkonsumsi tanaman herbal.

Lantas apa saja tanaman herbal yang berguna untuk menjaga sistem imun?

Dikutip dari BetterHealth, sistem imun dapat dipahami sebagai susunan sel dan protein kompleks di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mempertahankan tubuh manusia dari infeksi bakteri.

Sistem imun bekerja dengan mendeteksi berbagai bakteri yang berpotensi membahayakan tubuh untuk kemudian dibunuh. Bakteri yang telah dibunuh tersebut akan direkam karakteristiknya sehingga apabila masuk ke dalam tubuh akan langsung dibunuh lagi.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Guna menjaga keberlangsungan dan meningkatkan kinerja sistem imun, beberapa tanaman herbal dapat dipilih. Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah empat tanaman herbal tersebut:

Jahe

Jahe pada umumnya digunakan sebagai bahan masakan. Selain itu, jahe juga sering digunakan untuk minuman penghangat tubuh. Meskipun demikian, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Senyawa gingerol dan shogaol yang terkandung di dalamnya memiliki kandungan antioksidan yang kuat.

Lengkuas

Glikosida kuersetin yang terkandung dalam lengkuas mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Lengkuas juga mampu meningkatkan proliferasi sel limfosit T dan aktivitas makrofag dalam tubuh. Hal ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Lebih lanjut, senyawa galangin pada lengkuas mampu menghambat infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!
Bawang Putih

Bawang putih terkenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, bawang putih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut, antara lain meregulasi hormon dan aliran darah sehingga kesehatan dapat terjaga.

Kunyit

Kunyit memiliki beberapa senyawa di dalamnya yang berguna untuk meningkatkan sistem imun. Senyawa curcumin yang terdapat di dalamnya dapat berfungsi sebagai imunomodulator, peningkat mekanisme pertahanan tubuh. Dalam hal penanganan kasus Covid-19, curcumin dalam kunyit mampu berikatan dengan reseptor protein SARS-CoV-2. Ikatan tersebut mampu menghambat infeksi dan penyebaran Covid-19.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com