JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

11 Tahun Menunggu Akhirnya Wonogiri Bisa Raih Predikat Sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama. Namun Bisa Saja Tahun Depan Predikatnya Hilang

Wabup Wonogiri Setyo Sukarno (kanan) memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Bung Karno Kecamatan Baturetno, Rabu (5/5/2021). Dok. Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Penantian panjang kabupaten Wonogiri untuk bisa diakui sebagai daerah yang peduli terhadap tumbuh kembang anak terjawab sudah. Wonogiri akhirnya mendapatkan juga predikat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

Setidaknya 11 tahun penantian panjang itu berlangsung. Tepatnya sejak 2010 ketika Wonogiri menyiapkan segala hal untuk bisa diakui sebagai KLA.

Predikat itu akhirnya bisa diperoleh tahun ini, ketika Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak secara virtual menyerahkan predikat itu kepada Pemkab Wonogiri yang diwakili oleh Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno, Kamis (29/7/2021). Kategori KLA yang diraih Wonogiri adalah pratama atau yang tingkat dasar.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Setiap tahun ada evaluasi, jadi bisa saja kalau hasil evaluasinya tidak menunjukkan hal bagus predikatnya akan hilang. Namun bisa saja naik tingkat ke kategori yang lebih baik,” ujar Wabup.

Menurut Wabup, di Jateng saat ini sudah semua kabupaten/kota mendapatkan predikat KLA. Untuk Wonogiri memang baru pertama ini meraihnya.

Menurut dia, Wonogiri mendapatkan penghargaan itu setelah mengikuti penilaian di lapangan. Ada beberapa indikator yang dinilai, baik berkaitan dengan pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan semua yang berkaitan dengan pelayanan anak.

Baca Juga :  Lowongan Kerja Disabilitas Segera, Ada 78 Formasi, Berminat?

Terpisah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan P3A) Wonogiri, Setyorini, mengatakan predikat yang disandang Wonogiri saat ini merupakan tingkatan paling awal atau pertama. Masih ada lagi tingkatan predikat yang lebih tinggi lainnya. Seluruh OPD yang ada di Wonogiri harus ada keterpaduan perencanaan dan anggaran. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com