JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Badai Covid-19 Melanda, India Giliran Berikan Bantuan  Oksigen untuk Indonesia

Airlangga Hartarto (lima dari kiri) / istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah India mengirimkan sebanyak 300 konsentrator oksigen dan 100 metrik ton oksigen cair ke Indonesia, pada Jumat (16/7/2021). Pemberian tersebut merupakan bantuan balasan setelah Pemerintah Indonesia mengirimkan 1.400 unit tabung gas oksigen ke negara tersebut pada bulan Mei lalu saat badai Covid-19 melanda negara itu.

Pemerintah Indonesia memberikan apresiasi atas bantuan tersebut, sebagai wujud solidaritas dari negara sahabat yang sama-sama sedang dilanda pandemi Covid-19.

Pemberian bantuan dari Indonesia diberikan ketika India tengah dilanda tsunami Covid-19. Dan kini, ketika giliran Indonesia menghadapi badai yang sama, Pemerintah India mengulurkan bantuan.

Di Indonesia, lonjakan kasus harian bahkan sempat mencapai 44.000 kasus positif dalam sehari. Ini juga disebabkan Covid-19 varian delta yang tengah mengamuk di Indonesia.

Masuknya varian Delta mengakibatkan banyak pasien harus dirawat di rumah sakit dan membutuhkan bantuan oksigen.

Kondisi seperti inilah yang membuat Indonesia mengalami krisis oksigen, lantaran banyak rumah sakit  stok oksigennya menipis.

Dalam keterangannya, Selasa (20/7/2021), sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews, Menteri Luar Negeri India, S Jaishankar merasa berhutang budi pada Indonesia, sehingga tergerak untuk memberikan bantuan.

Baca Juga :  Sudah Diterbitkan PP Yang Bolehkan Rektor Rangkap Jabatan, Ari Kuncoro Tetap Pilih Mundur dari Komisaris BRI, Kenapa?

Badai Covid-19 bisa diibaratkan sebagai sebuah perang yang dihadapi banyak negara di dunia, sehingga masing-masing harus saling membantu.

“India berdiri bersama mitranya dalam perang melawan Covid,” kata Jaishankar.

Bantuan oksigen dari pemerintah India tersebut sudah diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menggunakan Kapal Angkatan Laut India (INS) Airawat.

Menurut keterangan   Angkatan Laut India, kapal tersebut  akan tiba di Tanjung Priok dalam waktu dekat.

Pengiriman bantuan India itu merupakan bantuan pertama dari India, yang kini sudah mengalami penuruan angka kasus positif yang jauh lebih baik dibandingkan April hingga Mei lalu.

Saat itu,  Indonesia tanpa diminta mengirimkan sejumlah tabung Oksigen untuk meringankan dan membantu penanganan Covid-19 di India  melalui Indian Red Criss Society (IRCS).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen Indonesia untuk menjaga persahabatan antara kedua negara.

Dikatakan Airlanggaa, India dan Indonesia merupakan mitra strategis sekaligus kawan di kala senang dan di kala susah.

Baca Juga :  Catat, Pendaftaran CPNS 2021 Diperpanjang, Jadwal Seleksi Tahapan Lain Ikut Mundur

“Bantuan ini merupakan tahap kedua setelah pengiriman 10 Mei lalu. Insyaallah saudara-saudara kita di India bisa mendapatkan manfaat dari bantuan saudaranya di Indonesia,” kata Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Akhirnya, demikian Airlanggaa,  pemerintah Indonesia menuai buah kebaikan yang sudah ditanamkan sebelumnya. Bantuan balasan itu merupakan wujud nyata persahabatan kedua negara baik di bidang ekonomi, perdagangan, sosial maupun kesehatan. Suhamdani