JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

BIN Resmi Gelar Vaksinasi Covid-19 dengan Sistem  Door to Door. Jokowi: Door to Door Ini Bagus Sekali

Ilustrasi vaksinasi / pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat dengan sistem door to door kini telah resmi digelar oleh Badan Intelijen Negara (BIN) mulai Rabu (14/7/2021). Program itu  dilakukan secara serentak di 14 provinsi dan diikuti oleh 20.000 masyarakat Indonesia.

Para peserta vaksin tersebar mulai dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sedangkan untuk wilayah di luar pulau Jawa terdiri dari Provinsi Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, serta Papua.

“Kami laporkan bahwa kegiatan fasilitasi (vaksinasi) door to door dilaksanakan di 14 provinsi daerah epicentrum, ada 15 kabupaten/kota dan 32 titik,” ujar Kepala BIN Budi Gunawan yang ditayangkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (14/7/2021) sebagaimana dikutip dari liputan6.com.

Menurut Budi, sistem door to door telah dilakukan di berbagai negara dan hal itu  mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti vaksinasi.

Selain itu, dengan sistem door to door diharapkan masyarakat yang takut keluar rumah dan keluarga yang belum terjangkau akses untuk vaksin mampu berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19.

Baca Juga :  Kejutan di Balik Booming Ivermectin sebagai Obat Ampuh Penyembuh Covid-19. ICW Endus Ada Indikasi Keruk Keuntungan di Masa Pandemi, Ini Jejaring yang Diduga Terlibat!

Budi juga menambahkan bahwa dengan adanya sistem ini diharapkan mampu untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

“Semoga segala upaya dan ikhtiar yang dilakukan hari ini akan segera dapat membentuk target herd immunity untuk Indonesia sehat, Indonesia hebat untuk mengatasi wabah pandemi Covid-19 ini,” tambahnya.

Tak hanya untuk masyarakat umum, BIN juga mengadakan program vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar SMP dan SMA pada hari Rabu (14/7/2021).

Progam itu juga dilaksanakan di 14 provinsi dengan jumlah pelajar sebanyak 30.000 yang terdiri dari 15.000 pelajar SMP dan 15.000 pelajar SMA yang mengikuti vaksinasi.

“BIN sangat memberikan perhatian yang serius pada program vaksinasi Covid-19 khusus untuk anak-anak usia 12 hingga 18 tahun. Utamanya, para pelajar SMP dan SMA yang merupakan generasi penerus dan menjadi tulang punggung bangsa negara Indonesia ke depan,” jelas Budi.

Presiden Jokowi turut mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh BIN terkait program vaksinasi Covid-19 dengan sistem door to door saat ini.

Baca Juga :  Peduli Jurnalis Terdampak Covid-19, Kophi Galang Dana Lewat BenihBaik.com

Ia menilai bahwa program vaksinasi door to door ini sangat bermanfaat karena mampu menjangkau masyarakat secara lebih luas.

“Bagus. Door to door ini bagus artinya kita mendatangi dari rumah ke rumah yang ingin vaksin segera disuntik. Saya kira program dari rumah ke rumah ini bagus sekali,” kata Jokowi saat berdialog dan meninjau acara vaksinasi untuk pelajar dan vaksinasi door to door melalui konferensi video, Rabu (14/7/2021). Hanifah Yulia Putri S