JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Makanan ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Buah alpukat. Foto: Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Makan daging merah, jeroan, otak, ataupun gajih hewan kurban memang sangat lezat. Tetapi jika memakannya terlalu banyak dan rutin akan menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya kolesterol.

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh sel hati yang bersumber dari makanan.

Kolesterol sendiri dibagi menjadi dua, yaitu kolesterol buruk dan baik. Efek buruk dari kolesterol jahat di dalam tubuh adalah bisa memicu timbulnya plak di dalam pembuluh darah.

Selanjutnya plak didalam pembuluh darah akan menyumbat aliran darah dan bisa mengakibatkan serangan jantung dan gagal jantung.

Orang dengan kolesterol tinggi bisa memulai menjalankan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan olahraga. Cara mengurangi kolesterol jahat salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan untuk mengurangi kolesterol:

1. Alpukat

Alpukat memiliki nutrisi yang lengkap. Kandungan lemak baik dan seratnya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Salah satu penelitian menunjukkan penderita obesitas yang mengonsumsi satu alpukat setiap harinya menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh lebih banyak ketimbang mereka yang tidak.

Baca Juga :  Tempe Kaya Gizi, Bagaimana Cara Memasaknya yang Disarankan?

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama almond dan kenari, tinggi dalam kandungan lemak tak jenuh tunggal. Almond dan kacang-kacangan lain mengandung asam amino yang membantu tubuh menghasilkan nitrogen monoksida. Zat ini dapat melancarkan peredaran darah. Kenari sendiri kaya akan omega-3, lemak tak jenuh ganda untuk kesehatan jantung.

3. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon dan ikan kembung kaya akan omega-3. Omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan peradangan dan risiko stroke.

Perlu diingat bahwa cara memasak ikan paling sehat adalah dengan merebus atau mengukusnya. “Faktanya, ikan goreng dapat meningkatkan potensi penyakit jantung dan stroke,” tulis Kerri-Ann Jennings, dikutip dari artikel di Healthline, Rabu, 21 Juli 2021.

4. Buah-buahan

Berbagai macam buah kaya akan serat larut yang dapat menurunkan tingkat kolesterol. Serat menyingkirkan kolesterol jahat dan menghentikan kerja hati untuk memproduksi komponen ini. Buah-buahan yang dapat dikonsumsi antara lain apel, anggur, jeruk, dan stroberi.

Baca Juga :  Anak Sedang Isoman? Enam Hal Ini Yang Perlu Orang Tua Lakukan

5. Cokelat murni dan kakao

Kakao adalah bahan dasar coklat. Dalam sebuah studi, orang dewasa yang sehat mengalami pengurangan kolesterol sebesar 6.5mg/dl setelah mengonsumsi minuman kakao dua kali dalam sebulan. Kakao dan coklat murni dianggap dapat melindungi kolesterol jahat dalam tubuh dari proses oksidasi yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. #tempo