JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Duh, Omzet Peternak Hewan Kurban Turun 50 Persen Padahal Menjelang Idul Adha Loh, Fakta ini yang Sesungguhnya Terjadi

Wisnu Tri Pranoto di antara ratusan kambing kurban miliknya yang siap kirim. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kalangan peternak hewan kurban di Wonogiri mengaku mengalami penurunan omzet menjelang Idul Adha atau hari raya Kurban tahun ini. Tidak tanggung-tanggung penurunan itu hingga mencapai 50 persen.

Masih adanya pageblug pandemi COVID-19 menjadi penyebab adanya penurunan omzet. Terlebih saat ini masih berlangsung PPKM Darurat.

Kendati demikian permintaan hewan kurban di sejumlah daerah eks Karesidenan Surakarta dan sekitarnya mengalami peningkatan.

Baca Juga :  Wilayah Berpotensi Hujan Petir dan Angin Kencang Meluas, Cek di Prakiraan Cuaca Jateng Selasa 31 Januari 2023

Pemilik peternakan domba dan kambing “Berkah Dalem Linangkung Farm” di Ngadirojo Wonogiri, Wisnu Tri Pranoto mengatakan, saat ini populasi ternak di kandang menjelang idul adha tahun 2021 ini cukup banyak. Yakni berkisar 250 ekor domba dan kambing jantan siap sembelih.

Kisaran harga jual domba dan kambing sedikit mengalami peningkatan jika dibanding hari biasa. Peningkatan mencapai Rp150-200 ribu per ekornya, untuk bobot domba berkisar antara 20 hingga 30 kilogram.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Jateng Senin 30 Januari 2023, Waspada Banjir Longsor Angin Kencang di Wilayah ini

Wisnu mengatakan di saat PPKM darurat lantaran pandemi COVID-19 masih berlangsung di indonesia, omzet penjualan domba dan kambing di peternakannya mengalami penurunan cukup signifikan. Kisarannya mencapai 30% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com