JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Innalillahi wa innailaihi rojiun.., Dalang Kondang dari Karanganyar Ki Manteb Sudharsono Meninggal Dunia

Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono (kanan) bersama Ilyas Akbar Almadani (kiri) Ketua DPD golkar Karanganyar dalam suatu kegiatan. Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM —-“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Sampun kapundut wonten ngarsanipun Gusti Allah SWT, Bp. Ki H manteb soedarsono (dalang manteb) Pukul 09.45 WIB.” Kabar duka itu diterima redaksi sekitar pukul 10.30 WIB.

Redaksi JOGLOSEMARNEWS.COM yang mencoba mengkonfirmasi informasi tersebut ke sejumlah kerabat dan sahabatnya, membenarkan kabar Ki Manteb Sudharsono sudah dipanggil Yang Maha Kuasa.

“Iya betul, saya sudah dapat kabar dari kerabat beliau. Semoga beliau husnul khotimah. Saya turut mendoakan seluruh amal ibadahnya diterima Allah SWT,” ungkap Begog D Winarso, sahabat Ki Manteb Sudharsono yang juga menulis biografi tentang Dalang Oye tersebut ketika dikonfirmasi JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (2/7/2021).

Ki Manteb Sudharsono lahir di Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng pada 31 Agustus 1948. Almarhum meninggal dunia di usia 72 tahun.

Informasi yang dihimpun, jenazah rencananya akan dimakamkan hari ini juga di pemakaman keluarga. Saat ini sedang dilakukan persiapan dan rapat keluarga untuk terkait pemakaman. Petugas dari BPBD daan PMI Karanganyar dikerahkan untuk prosesi pemakaman.

Dalam kiprahnya di dunia pewayangan, Ki Manteb juga dikenal sebagai dalang ruwat. Dia sering diminta menjadi dalang ruwat dalam berbagai kesempatan.

Karena terkenal dengan keterampilan sabetannya dalam memainkan wayang, maka para penggemarnya menjuliki Ki Manteb dengan sebutan Dalang Setan. Ki Manteb juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedhalangan dengan peralatan musik modern.(ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com