JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Tambah Imunitas dengan Suplemen Vitamin? Ini Waktu Tepat Mengonsumsinya

Ilustrasi suplemen makanan. Pixabay


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

JOGLOSEMARNEWS.COM — Imunitas tubuh sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi.

Rajin berolah raga dan makan makanan bergizi akan berpengaruh bagi kebugaran tubuh.

Saat ini demi menjaga kesehatan, banyak orang mengonsumsi berbagai jenis suplemen vitamin tambahan.

Lalu, kapankah sebenarnya waktu yang tepat untuk mengkonsumsi suplemen vitamin?

Melansir Healthline, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa waktu seseorang meminum suplemen vitamin dapat mengurangi atau meningkatkan keefektifannya.

Tetapi Anda bisa mengikuti saran waktu mengkonsumi beberapa suplemen vitamin berikut ini:

Vitamin C
Anda dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C kapan saja, sebelum maupun sesudah makan. Pastikan menyimpan suplemen di tempat sejuk dan gelap, karena nutrisi ini sensitif terhadap panas dan cahaya.

Vitamin B
Karena kemampuannya meningkatkan energi, suplemen vitamin B baik dikonsumsi setelah bangun tidur. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa vitamin B-6 dapat berpotensi mendorong mimpi buruk, untuk meminimkan efek buruk ini sebaiknya suplemen dikonsumsi jauh dari jam tidur.

Baca Juga :  Kapan Penyintas Covid-19 Diperbolehkan Vaksin? Begini Penjelasan Kemenkes

Vitamin K

Suplemen vitamin K dapat dikonsumsi setiap hari, sesudah makan maupun dengan mengkonsumsi cemilan yang mengandung lemak. Namun tidak disarankan mengkonsumi vitamin K dalam jumlah tinggi, kecuali dalam rekomendasi dokter.

Meski demikian, suplemen vitamin K dapat menganggu obat antikoagulan tertentu. Maka itu jika menggunakan obat-obatan ini disarankan konsultasi dengan penyedia layanan medis apabila ingin mengkonsumsi vitamin K.

Vitamin A
Vitamin A dapat dikonsumsi setiap hari, namun jangan dalam dosis tinggi. Karena suplemen vitamin A berdosis tinggi dapat meningkatkan risiko penyebab dan kematian terkait kanker. Maka itu, jangan konsumsi vitamin A dalam dosis tinggi apabila tidak dianjurkan dokter.

Baca Juga :  Sederat Manfaat Daun Kelor, Perkuat Imun Tubuh dan Bisa Atasi Kolesterol

Sebelum memutuskan mengkonsumsi suplemen vitamin secara rutin, ada baiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk memastikan keamanannya. #tempo