JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kisah Kontroversi Kades Jenar Sragen, From Zero To Hero. Awalnya Dianggap Pecundang Kini Malah Dielu-elukan

Kades Jenar, Samto yang sempat membuat ulah dengan baliho enak Jaman PKI dan menghujat pemerintah, saat disuntik vaksin oleh Bupati Sragen. Foto/Wardoyo


SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepala Desa (Kades) Jenar, Kabupaten Sragen, Samto (51) kembali jadi buah bibir. Seusai kontroversial dengan ulahnya membuat baliho menghujat pemerintah yang menerapkan PPKM darurat dan menyebut Enak Jaman PKI, Kades itu justru kini mendapat apresiasi.

Dia secara mengejutkan ditunjuk jadi duta vaksin Kabupaten Sragen. Meski sempat diperiksa polisi dan terancam pidana, Kades Samto kemudian dilepas setelah melakukan pertobatan meminta maaf ke pemerintah dan berbalik melakukan dukungan penanganan Covid-19.

Kades Samto kemudian menjadi orang pertama di Desa Jenar yang divaksin Covid-19 oleh Bupati Sragen pada Selasa (20/7/2021) lalu.

Sebagai penebus dosa, ia kemudian berbalik membuat 10 baliho mendukung program PPKM dan penerapan prokes di setiap sudut desanya.

Advertisement
Baca Juga :  Kasus Korupsi dan Suap Rp 11,5 Miliar, Mantan Kapolsek Gemolong Sragen Ternyata Sudah Siapkan Rumah Khusus untuk Transaksi dengan Pejabat Berperkara

Kisah titik balik yang dialami Samto itu seolah menenggelamkan pro kontra yang sempat mewarnai ulahnya ketika membuat baliho Enak Jaman PKI.

Samto yang sebelumnya banyak dicerca oleh masyarakat, kini justru berbalik jadi tokoh prominen yang dianggap berjasa oleh Pemkab dan Polres.

Singkatnya Samto yang sebelumnya dianggap jadi pecundang program pemerintah, kini malah dielu-elukan bak pahlawan. Dengan kata lain from Zero to Hero.

Saat dikonfirmasi, Kades Jenar Samto membenarkan penunjukkan dirinya sebagai duta vaksin. Ia mengakui memang dirinya yang pertama divaksin di desanya.

Ia mengaku setuju dengan ditunjuk sebagai duta vaksin itu dan siap berubah untuk mendukung program pemerintah melakukan penanggulangan Covid-19.

Baca Juga :  Penasaran, Ini Daftar Lengkap 18 Pengacara Sragen yang Melaporkan Bupati ke Polres. Ada Nama Soimah Juga

“Iya ditunjuk sebagai duta vaksin. Saya setuju saya, sekarang setiap kegiatan sosialisasi saya terlibat terus,” ujarnya Selasa (27/7/2021).

Kades Jenar Samto. Foto/Wardoyo

Samto mengakui dirinya sempat memprotes upaya PPKM yang dilakukan pemerintah karena dirasanya merugikan rakyat dan seniman.

Namun usai diyakinkan oleh banyak pihak, dirinya kini mengaku siap mendukung program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19.

“Dulu nggak percaya. Sekarang sebagai kepala desa yang juga bagian dari pemerintahan, saya harus mendukung upaya pemerintah. Sekarang setiap malam saya keliling ke RT untuk meyakinkan warga agar mau divaksin,” terang Samto.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua