JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pendaftaran CPNS 2021, Ini Daftar 10 Instansi Terfavorit dan Beberapa  Instansi yang Sepi Peminat

Ilustrasi PNS.

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia melalui media sosial facebook milik lembaga tersebut membagikan top 10 instansi dengan pelamar terbanyak dan 10 instansi yang sepi peminat.

Berdasarkan unggahan tersebut, jumlah pelamar hingga Jumat (9/7/2021) pukul 13.00 WIB, tercatat 1.262.370 bagi yang sudah mengisi formulir. Sedangkan bagi pelamar yang sudah submit sejumlah 457.738 orang.

Dari daftar tersebut, tercatat Kementrian Hukum dan HAM yang paling banyak  diminati, dengan jumlah pendaftar sebanyak 199.490 atau hampir dua ratus ribu orang. Jumlah yang cukup besar untuk data sementara yang tentunya akan bertambah lagi.

Selanjutnya, ada kementrian perhubungan dengan jumlah pelamar 53.128 orang yang tak jauh berbeda dengan Kejaksaan Agung dengan 51.747 pelamar.

Memiliki jumlah yang agak jauh dengan Kemenhub dan Kejaksaan Agung, Kemendikbud mencatat sejumlah 19.610 pelamar.

Kemudian Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, dan Pemprov Jawa Timur, sama-sama diminati oleh belasan ribu orang dengan rincian DKI Jakarta 17.434 orang, Jawa Barat 16.879 orang, dan Jawa Timur 16.823 orang.

Baca Juga :  Ini Ucapan Selamat dan Pesan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Perayaan Idul Adha 2021

Rupanya ada 11.602 orang yang tertarik untuk menjadi bagian dari Kementrian Kesehatan, serta 10.512 orang tertarik untuk mendaftar ke Kementrian Pertanian.

Untuk instansi terfavorit terakhir, Pemerintah Kabupaten Bandung hanya memiliki sedikit selisih dengan Kementrian Pertanian, yaitu sekitar seratus orang, dengan jumlah pendaftar 10.405.

Selain instansi paling banyak diminati, BKN juga membagikan 10 instansi dengan pelamar paling sedikit. 10 instansi tersebut jumlah pelamarnya bahkan tidak mencapai 50 orang, jadi peluang diterima jauh lebih besar daripada 10 instansi sebelumnya.

Di Provinsi Sumatra Utara, terdapat dua instansi yang memiliki sedikit jumlah pelamar, yaitu Pemkot Sibolga sampai saat ini mencatat hanya 43 orang pelamar dan Pemkab Pakpak Bharat dengan 39 pelamar.

Kemudian,  Pemkab Maluku Barat Daya juga mencatat sedikit jumlah pelamar yaitu 30 orang. Hanya memiliki selisih dua orang, Pemkab Kepulauan Tinimbar memiliki 28 pelamar.

Tercatat 23 orang sudah mendaftar Instansi Pemkab Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat. Masih di wilayah Papua, Pemkab Manokwari Selatan mencatat 22 orang pelamar.

Dengan jumlah pelamar yang sama, Pemkab Kaimana dan Pemkab Fak Fak di Papua Barat memiliki 21 orang pelamar.

Baca Juga :  Fix! Presiden Jokowi Perpanjang PPKM Darurat Sampai 25 Juli

Pemkab Sorong Selatan mencatat 20 orang pelamar dan Pemkab Maybrat hingga saat ini memiliki 6 orang pelamar.

BKN melalui postingan ini menyampaikan agar calon pelamar lebih berhati-hati dan teliti dalam mengisi formulir karena waktu mendaftar masih panjang yaitu hingga 21 Juli 2021. Anda dapat mendaftarkan diri ke sscasn.bkn.go.id
Elysa Indriyani