JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Puas Makan Daging, Saatnya Seimbangkan dengan Makanan Tinggi Serat ini

Alpukat. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Idul Adha identik dengan daging kurban, masyarakat biasanya akan memakan berbagai olahan daging kurban dalam jumlah banyak.

Setelah makan olahan daging sapi maupun kambing dalam jumlah banyak, sebaiknya perlu diimbangi dengan makanan berserat tinggi.

Serat makanan adalah adalah komponen karbohidrat nabati yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, melainkan dicerna oleh bakteri pencernaan.

Serat memilili berbagai manfaat, diantaranya adalah menurunkan tingkat kolesterol, mendorong seseorang untuk memiliki berat badan yang sehat, melancarkan sistem pencernaan, mengontrol gula dalam darah, dan mengurangi risiko kanker.

Selain minum air putih cukup, makan makanan yang mengandung serat dapat menjadi kebiasaan yang baik. Berikut adalah sumber makanan dengan kandungan serat yang dapat Anda konsumsi dilansir dari laman Healthline.

Buah pir

Pir memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, dan vitamin K. Serat yang terkandung dalam buah pir sendiri dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Menurut laman Sunpride, rutin mengonsumsi buah ini dapat mencegah risiko kena stroke hingga 50 persen.

Baca Juga :  Deretan Makanan ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol
Alpukat

Alpukat kaya akan lemak baik, vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan bermacam-macam vitamin B. Alpukat mengandung setidaknya 6-7 gram serat di dalamnya.

Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah ditemukan. Pisang memiliki berbagai nutrisi, termasuk vitamin C, B6, dan kalium. Setidaknya, pisang memiliki kandungan serat sebanyak 2.6 gram.

Kacang almond

Kacang jenis ini memiliki kandungan lemak baik, vitamin E, mangan, dan magnesium. Kacang almond dapat diolah menjadi tepung almond yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kue. Kacang almond memiliki kandungan serat sebanyak 13.3 gram.

Havermut atau oatmeal

Havermut merupakan sejenis tepung kasar yang terbuat dari haver (oat) yang sudah dikupas dan ditumbuk. Havermut mengandung antioksidan dan berbagai mineral. Makanan dari biji-bijian ini juga mengandung beta glukan, yaitu serat yang memiliki manfaat dalam mengontrol gula darah dan kolesterol.

Popcorn

Popcorn ternyata merupakan kudapan yang kaya akan serat. Sebanyak 14.4 gram serat terkandung di dalamnya. Namun, jika dalam pembuatannya ditambahkan banyak minyak, maka perbandingan antara serat dan kalori yang terkandung di dalamnya akan berubah.

Baca Juga :  Tempe Kaya Gizi, Bagaimana Cara Memasaknya yang Disarankan?

Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C, K, B, folat, kalium, zat besi, mangan, dan antioksidan. Brokoli yang kaya serat ini tinggi protein dibandingkan dengan sayuran lainnya. Brokoli dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. #tempo