JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Update, Wonogiri Masuk Level 4 dan Sudah Boleh Makan di Tempat Saat Jajan di Warung Loh Lur

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Joglosemarnews.com/Aris Arianto


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Saat ini Kabupaten Wonogiri masuk level 4 pada perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terkini. Sejumlah kebijakan pun dikeluarkan Pemkab Kota Mete, salah satunya sudah boleh makan di tempat saat jajan di warung makan.

Presiden Joko Widodo juga sudah mengumumkan bahwa teknis PPKM level 4 diserahkan kepada pemerintah daerah. Bupati mengatakan, Pemkab Wonogiri bakal melakukan langkah persuasif agar masyarakat bisa taat dengan aturan berbasis dengan kesadaran masyarakat itu sendiri. Pihaknya juga bakal melakukan percepatan vaksinasi supaya lebih cepat terbangun herd immunity.

Selain itu, aturan yang berlaku di perpanjangan PPKM level 4 ini tak jauh beda dengan aturan sebelumnya. Meski begitu, akan ada aturan-aturan yang lebih longgar.

Baca Juga :  Jika Tidak Ada Tilang Apakah Pelanggar Lalu Lintas Dibiarkan Saja oleh Polisi? Ini Seputar Pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2021

Pelonggaran misalnya makan di tempat bisa maksimal 20 menit. Makan silahkan, yang penting jaga jaraknya oke, protokol kesehatannya jalan. Namun misalnya banyak yang makan di tempat, pengunjung diminta untuk bungkus saja.

Advertisement

“Ini seni yang akan kita berikan sebagai materi sosialisasi supaya pelonggaran ini tidak disalahartikan,” papar Bupati.

Pria yang akrab disapa Jekek ini menambahkan, para pelaku usaha juga harus bisa ikut mengontrol pengunjung. Misalnya batasan waktu maupun kapasitas warung makan, kafe, dan sejenisnya. Bila pelaku usaha bisa mendukung aturan itu, maka cukup dilakukan langkah persuasif.

Baca Juga :  Oalah Ternyata Ini Penyebab Peserta Tes CPNS Tidak Memenuhi Passing Grade, Tapi yang Lolos Jangan Senang Dulu

Apabila tidak mendukung hal tersebut dan memanfaatkan celah itu, menurut dia ada pengingkaran terhadap komitmen kebersamaan. Akan ada kroscek yang dilakukan oleh Satgas Penanganan COVID-19-19 Wonogiri.

“Kontrolnya misalnya oh ini ada warung x, tidak konsisten. Besok bisa kita tindak, ini fotomu tanda kamu tidak konsisten. Ada penindakan tegas dari pemerintah. Ini kita membangun kesadaran kolektif. Pelaku usaha kita minta punya kesadaran juga,” tandas Bupati.

Awalnya saat PPKM level 4 beberapa waktu lalu digulirkan, Wonogiri masuk dalam level 3. Namun kini Wonogiri termasuk daerah level 4.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua