JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ekonomi Nasional Tumbuh 7,07 Persen, Linier dengan Program Vaksinasi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto / Istimewa


SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Prediksi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengenai pertumbuhan ekonomi nasional terbukti.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi nasional mengalami pertumbuhan positif sebesar 7,07 persen (yoy) pada triwulan II-2021, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan ekonomi tersebut salah satunya dipengaruhi oleh massifnya program vaksinasi Covid-19 yang digelar pemerintah.

Vaksinasi dipandang mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk melakukan mobilitas, termasuk dalam hal aktivitas bisnis dan perekonomian.

Advertisement

Pertumbuhan ekonomi tersebut sesuai dengan prediksi pemerintah sejak awal triwulan II 2021 kemarin.

Baca Juga :  Kunjungi Pekalongan, Menko Airlangga Berikan Bantuan 1 Ton Telur untuk Para Santri

“Kalau dibandingkan dengan triwulan II-2020 atau secara year on year (yoy) maka ekonomi Indonesia tumbuh 7,07 persen,” kata Kepala BPS Margo Yuwono saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/8/2021).

Menurut penilaian Margo, pertumbuhan ekonomi tersebut dilatarbelakangi upaya pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi.

Di luar vaksinasi, BPS menyebut pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi oleh perbaikan ekonomi global, terutama beberapa negara yang menjadi mitra dagang Indonesia.

Baca Juga :  Kenaikan Nilai Ekspor Ikut Mendorong Membaiknya Neraca Perdagangan di Tanah Air

Sebagai contoh, pertumbuhan ekonomi Cina mencapai 7,9 persen, Singapura 14,3 persen, Korea Selatan 5,9 persen dan Vietnam 6,6 persen.

“Pulihnya ekonomi di negara-negara yang menjadi mitra dagang kita itu mendorong permintaan luar negeri, dan otomatis  ekspor kita meningkat,” ujarnya.

Sebelumnya, BPS mencatat terjadi kontraksi dalam perekonomian Indonesia pada triwulan I-2021 yaitu minus 0,74 persen sehingga secara kuartal (qtq) ekonomi naik sebesar 3,31 persen pada triwulan II-2021.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua