JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

BKN: Beberapa Profesi PNS Terancam Punah, Ini Yang Harus Dilakukan

Ilustrasi PNS.
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Para pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) diwanti-wanti untuk bisa beradaptasi dengan perubahan dan kemajuan zaman.

Pasalnya, sudah ada sinyal beberapa profesi di ASN yang terancam bakal punah, lantarann pekerjaannya diambil alih oleh teknologi.

Hal itu diingatkan oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana dalam suatu sesi webinar, Kamis (5/8/2021).

Seperti dikutip dari liputan6, Bima mengingatkan para PNS untuk mengikuti perubahan proses bisnis yang terjadi saat ini. Jika tidak, profesi PNS bersangkutan disebutnya bakal punah dalam waktu dekat ini.

“Ini tidak main-main. Dalam 5-10 tahun lagi, mungkin 75 persen dari profesi yang ada sekarang ini akan lenyap. Bisa 30 persen (tersisa), dan itu juga akan berubah. Akan berevolusi,” ujarnya.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Sementara yang 70 persennya, menurut Bima, adalah profesi baru. 70 persen yang tidak digunakan lagi karena tidak ada lagi pekerjaan yang membutuhkan itu karena tidak eksis lagi.

Menurut dia, digitalisasi proses manajemen PNS saat ini sebenarnya sudah tersedia aplikasinya. Dengan begitu, Bima menyebut ada satu profesi PNS yang kini terancam hilang tergerus perubahan zaman.

“Pertanyaannya mudah, apakah analis kepegawaian masih dibutuhkan? Kalau tidak dibutuhkan, dia harus bagaimana pekerjaannya? Dalam benak saya dia akan berubah pekerjaannya menjadi resource consultant in public sector, atau menjadi counseling expert, atau human resource consultant untuk carrier consultant planning,” tuturnya.

Baca Juga :  Perang Urat Syaraf antar Tim Kuasa Hukum Memanas Jelang Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK

Bima menilai, kecanggihan digitalisasi otomatis akan mengambil alih peran seperti yang selama ini dikerjakan PNS di bidang analis kepegawaian.

Tak hanya itu, kehadiran big data juga nantinya akan mencomot fungsi dari sejumlah profesi yang selama ini dikerjakan secara manual.

Oleh karenanya, Bima meminta PNS generasi muda untuk bisa memenuhi kebutuhan kompetensi di masa mendatang seiring dengan kemajuan zaman.

“Untuk PNS yang muda-muda, Anda berada pada suatu masa yang kritis untuk membuka potensi apa yang Anda butuhkan ke depan. Karena tanpa Anda berpikir seperti itu, tanpa Anda mulai mengantisipasi perubahan itu, mungkin pekerjaan Anda akan punah. Tidak dibutuhkan lagi,” imbuhnya. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com