JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

FSRD ISI Surakarta Gelar Pameran Virtual Bertaraf Internasional

istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menggelar pameran bertaraf internasional secara virtual.

Pameran setidaknya diikuti oleh sekitar 50-an peserta dari berbagai  kota di Indonesia, seperti Solo, Bandung, Malang, Jakarta, Padang dan lain-lain.

Selain itu juga diikuti oleh beberapa peserta dari luar negeri seperti dari Malaysia, Grenada, Korea, Maroko dan Bangladesh.

Satriana Didiek Isnanta, M. Sn selaku panitia menjelaskan, pameran virtual tersebut menerapkan teknologi multiplatform (3D animation, 360⁰ video, dan Virtual Reality).

“Teknologi ini masih jarang digunakan di Indonesia dan juga sebagai hasil eksperimen antara dosen, mahasiswa, dan alumni FSRD ISI Surakarta,” ujar Satriana, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Diharapkan, teknologi tersebut bisa  menjadi model untuk penataan display dan sistem virtualisasi untuk galeri di Indonesia.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Satriana menjelaskan, pameran itu merupakan implementasi dari pemikiran Prof. Dharsono, M.Sn terkait konsep estetika sanggit yang dibagi menjadi tiga.

Ketiganya adalah revitalisasi, reinterpretasi dan abstraksi/ekspresi simbolik. Sistem keikutsertaan pameran secara terbuka dan tertutup.

Sebagian ada yang pakai jalur undangan peserta yang sudah ditentukan oleh kurator dan ada jalur terbuka, siapa saja boleh mengirimkan aplikasi keiikutsertaan pameran yang dikurasi oleh dewan kurator pameran ini, yaitu Sigit Purnomo Adi, M. Sn dan Satriana Didiek Isnanta, M. Sn.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Pameran yang mengusung Estetika Sanggit itu  merupakan konsep seni yang ditawarkan Prof. Dharsono, M.Sn kepada dunia seni rupa Indonesia terkait dengan konsepsi seni lukis Indonesia yang punya akar Indonesia.

Lebih dari 15 tahun Prof. Dharsono, M.Sn mulai menggagas konsep tersebut, dari tahun 1999 awal sampai 2015.

Pameran Virtual Seni Rupa Internasional dalam rangka Ambal Warsa 70th Prof. Dharsono, M.Sn yang juga Guru Besar FSRD ISI Surakarta itu diselenggarakan dari 1 Agustus – 1 Desember 2021.

Tema unik  yang diusung adalah “Estetika Sanggit: Perjumpaan Tradisi dan Modern dalam Paradigma Kekaryaan Seni” yang dapat dilihat di link YouTube https://www.youtube.com/watch?v=YtN_MK60wl8.  suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com