JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jos, Tempe Gembus Digoreng Ala ala Mendoan, Bikin Makanan Tinggi Serat ini Kian Nikmat di Lidah

Tempe gembus
Tempe gembus mendoan. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Tempe gembus sudah lazim disajikan sebagai lauk atau pelengkap pada sayuran. Cara memasak tempe dari ampas tahu ini umumnya digoreng atau dimasukkan ke dalam sayur oseng, tumis, lodeh, dan sejenisnya.

Khusus yang digoreng, ada yang ditambah adonan tepung atau digoreng langsung tanpa adonan. Namun pernah tidak mencicipi atau membuat tempe gembus digoreng ala-ala mendoan? Jika belum menu satu ini bisa dicoba.

Cara membikinnya cukup mudah loh. Sama seperti kita membuat tempe mendoan pada umumnya itu. Cuma yang membedakan adalah tempe kedelai diganti dengan tempe gembus. Untuk ukuran disesuaikan selera. Adonan yang dipakai yakni campuran tepung, bumbu, serta daun bawang.

Baca Juga :  Waduh, Hanya Setengah Bulan Telah Terjadi 564 Kasus Pidana dan 877 Kecelakaan Lalulintas

Tekstur gembus yang empuk sangat pas berpadu dengan tepung dan rasa khas daun bawang. Bikin acara ngopi, ngeteh, atau makan menjadi semakin nikmat.

Selain nikmat di lidah, tahu tidak, ternyata tempe gembus bermanfaat bagi tubuh loh. Bukan sekedar menghilangkan lapar, namun benar-benar berguna untuk kesehatan.

Melansir buku Makanan Tradisional Indonesia Seri Kelompok Makanan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat (2017) karya Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc dkk., tempe gembus mengandung sejumlah gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya kandungan protein sebesar 4 persen.

Selain itu ada juga serat kasar 30,4 persen. Nah, bisa dilihat ‘kan, bahwa kandungan serat pada tempe gembus memang tergolong cukup tinggi.

Baca Juga :  Kesehatan Jiwa hingga Gigi 359 Polisi Wonogiri Diperiksa, Terungkap Sudah Alasannya

Serat kasar yang mengalami fermentasi itu diyakini dapat memberikan keuntungan, yaitu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Kembali soal tempe gembus mendoan tadi. Ternyata ada juga warung makan yang menyediakannya. Warung tersebut salah satunya ada di Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jateng, milik pak Suwarno Simpeng. Loaksinya di tepi Jalan Ir Soekarno Wonogiri, dekat dengan komplek DRPD Wonogiri.

Di warung bercat hijau ini komplit tersaji aneka gorengan dan makanan khas Jawa. Untuk gorengan sendiri ada klenyem, singkong, tahu tempe, sukun, dan tentu saja tempe gembus mendoan tadi.

“Cukup banyak yang suka. Selain diberi tepung, pembeli bisa memesan tempe gembus yang digoreng langsung, tinggal keinginan pembeli seperti apa,” tutur Suwarno, Selasa (24/8/2021). Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com