JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kasus Kematian COVID-19 di Wonogiri Tembus 1.000 Orang Lebih, Apa yang Sesungguhnya Terjadi?

Ilustrasi pemakaman menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sampai saat ini total kasus kematian akibat COVID-19 di Wonogiri sudah tembus angka 1.000 lebih. Lantas apa artinya ini, apakah bisa dikatakan angka kematian tinggi?.

Berdasarkan informasi resmi di akun Twitter Pemkab Wonogiri, Rabu (25/8/2021), sampai saat ini total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Wonogiri mencapai 10.736 buah. Perinciannya adalah 9.257 orang dinyatakan sembuh, 339 kasus aktif. Sementara warga Wonogiri yang meninggal dengan status positif terpapar virus Corona mencapai 1.140 orang.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengiyakan soal angka itu. Dia juga menyebut angka kematian memang tinggi.

Baca Juga :  Catat!Daftar Kabupaten di Jateng Berpotensi Hujan Petir Menurut Prakiraan Cuaca Jateng Rabu 1 Februari 2023

Hanya saja pasien yang meninggal kebanyakan bukan dari warga Wonogiri yang berdomisili di Kota Mete. Melainkan mereka yang tinggal di luar Wonogiri, hanya saja masih ber-KTP Wonogiri.

“Kasus kematian COVID-19 tinggi sebagian besar dari warga ber-KTP Wonogiri yang meninggal di luar daerah,” sebut dia baru-baru ini.

Pihaknya menjelaskan saat ini sistem penghitungan penambahan kasus positif dan kasus meninggal berbasis nomor induk kependudukan (NIK). Sementara sebelumnya penghitungan penambahan kasus positif dan meninggal berbasis domisili.

“Misalnya ada warga meninggal di Wonogiri, namun karena NIK masih Wonogiri maka data kasus meninggal masuk ke Wonogiri,” ungkap dia.

Baca Juga :  Awal Februari 2023, Cek Dulu Prakiraan Cuaca Soloraya Rabu 1 Februari 2023

Sementara dalam perpanjangan PPKM kali kesekian ini, ada fakta bahwa Kabupaten Wonogiri masuk ke dalam daerah kategori level 4. Demikian juga dengan enam kabupaten/kota yang ada di eks karesidenan Surakarta.

Masuknya Kota Gaplek ke dalam level 4 menjadi pertanyaan di tengah masyarakat. Mengingat jika dilihat dari angka kasus Corona yang terus menurun.

Selain itu bed occupancy rate (BOR) alias keterisian tempat tidur pasien COVID-19 di rumah sakit juga sudah turun banyak. Mestinya, Wonogiri sudah masuk level 3.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com