JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menkes Budi Gunadi Sebut Varian Delta Kini Bisa Diprediksi dari Swab PCR. Sudah Merambah 9 Provinsi, Kenali Ciri-Cirinya!

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat meninjau ke lokasi isolasi terpusat pasien covid-19 di Technopark Sragen. Foto/Wardoyo


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyebaran varian delta saat ini sudah dapat diprediksi dari rata-rata angka CT value hasil tes swab PCR.

Indikatornya, daerah dengan rata-rata CT value rendah, kemungkinan besar sudah terpapar varian delta.

Budi mencontohkan daerah yang sudah dimasuki varian delta, misalnya, Provinsi Sumatera Barat, rata-rata CT value-nya 8,22.

Baca Juga :  18 Pengacara Sragen Rame-Rame Laporkan Bupati dan Pimpinan PT Glory ke Polres. Terkait Kasus Jalan dan Pembangunan Pabrik di Ngrampal

Sebelum varian delta masuk, rata-rata CT yang paling rendah 12,15.

Advertisement

“Dari data itu kami bisa menduga bahwa daerah yang rata-rata CT minimalnya rendah itu kemungkinan sudah dimasuki Delta,” ujar Budi dalam konferensi pers daring, Jumat, 9 Juli 2021 lalu.

Varian B.1.617.2 ini merupakan tiga dari empat Varian of Concern atau VoC yang telah terdeteksi di Indonesia.

Baca Juga :  Sragen Masih Level 3 PPKM, Bupati: Asal Masyarakat Patuh!

Varian baru Covid-19 tersebut dinilai lebih cepat menular dan meningkatkan keparahan risiko terhadap pasien yang terpapar.

“Ciri-cirinya, pasien sembuh lebih cepat, tapi meningkat keparahannya pun lebih cepat. Sehingga intervensi therapeutic atau perawatan di rumah sakitnya juga berbeda,” ujar Budi Gunadi.

Halaman:   1 2 Semua