JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Meriahkan HUT RI, Desa di Situs Warisan Dunia di Sragen Ini Mendadak Dipermak Bertabur Cahaya dan Berhias Gapura Memesona

Suasana salah satu gapura pintu masuk di Dukuh Pablengan Etan, Krikilan, Kalijambe, Sragen yang dipermak indah dalam lomba HUT RI. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski di tengah pandemi dan keterbatasan, semangat untuk memeringati HUT RI ke-76 tahun ini masih terlihat di sejumlah wilayah.

Salah satunya di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen. Di desa yang menjadi pusat situs manusia purba Sangiran itu, kalangan pemuda dan warga masih gumregah untuk merayakan HUT RI dengan sejumlah lomba.

Seperti Karangtaruna Mekar Indah di Dukuh Pablengan Etan, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe yang memprakarsai lomba hias jalan dan membuat gapura pintu masuk di kampung-kampung wilayah itu.

Baca Juga :  Tersinggung Ucapan Junimart, Puluhan Pengurus Ormas Pemuda Pancasila Sragen Geruduk DPRD. "Tidak Semuanya Jelek!"

Para warga di lingkungan didorong untuk berlomba menghias jalan dan gapura dengan berbagai hiasan cat dan lampu.

Ketua Karang Taruna, Hengky Prastiyo Wibowo mengatakan lomba itu digelar hanya antar RT mengingat situasi masih pandemi.

Lomba pun digelar dengan tetap menekankan penerapan protokol kesehatan. Tidak ada perkumpulan atau kerumunan demi menjaga dari penyebaran Covid-19.

“Sebelumnya kita kerja bakti, bersih bersih desa dan keindahan antar RT yang dipelopori langsung pemuda desa. Untuk lomba hias kampung ini diikuti sekitar 5 RT dan dengan merebutkan hadiah piala bergilir dan uang tunai,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (19/8/2021).

Baca Juga :  7 Kades di Sragen Meninggal, 5 Desa Diizinkan Gelar Pilkades Antar Waktu. Ada 2 Desa Dipastikan Tak Bisa Gelar PAW, Ini Masalahnya!

Hengky menyampaikan lomba itu akan mengambil juara 1, 2 dan 3 harapan 1 dan harapan 2. Dengan total hadiah sekitar Rp 2,5 juta.

Menurutnya lomba digelar bukan semata-mata mengejar hadiah, akan tetapi melestarikan semangat kecintaan terhadap bangsa serta peduli terhadap lingkungan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua