JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Meriahkan HUT RI, Desa di Situs Warisan Dunia di Sragen Ini Mendadak Dipermak Bertabur Cahaya dan Berhias Gapura Memesona

Suasana salah satu gapura pintu masuk di Dukuh Pablengan Etan, Krikilan, Kalijambe, Sragen yang dipermak indah dalam lomba HUT RI. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski di tengah pandemi dan keterbatasan, semangat untuk memeringati HUT RI ke-76 tahun ini masih terlihat di sejumlah wilayah.

Salah satunya di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen. Di desa yang menjadi pusat situs manusia purba Sangiran itu, kalangan pemuda dan warga masih gumregah untuk merayakan HUT RI dengan sejumlah lomba.

Seperti Karangtaruna Mekar Indah di Dukuh Pablengan Etan, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe yang memprakarsai lomba hias jalan dan membuat gapura pintu masuk di kampung-kampung wilayah itu.

Para warga di lingkungan didorong untuk berlomba menghias jalan dan gapura dengan berbagai hiasan cat dan lampu.

Ketua Karang Taruna, Hengky Prastiyo Wibowo mengatakan lomba itu digelar hanya antar RT mengingat situasi masih pandemi.

Lomba pun digelar dengan tetap menekankan penerapan protokol kesehatan. Tidak ada perkumpulan atau kerumunan demi menjaga dari penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

“Sebelumnya kita kerja bakti, bersih bersih desa dan keindahan antar RT yang dipelopori langsung pemuda desa. Untuk lomba hias kampung ini diikuti sekitar 5 RT dan dengan merebutkan hadiah piala bergilir dan uang tunai,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (19/8/2021).

Hengky menyampaikan lomba itu akan mengambil juara 1, 2 dan 3 harapan 1 dan harapan 2. Dengan total hadiah sekitar Rp 2,5 juta.

Menurutnya lomba digelar bukan semata-mata mengejar hadiah, akan tetapi melestarikan semangat kecintaan terhadap bangsa serta peduli terhadap lingkungan.

“Untuk penyemangat warga biar meriah. Bahkan jurinya kita datangkan dari luar biar fair” imbuhnya.

Sekdes Krikilan, Aries Rustioko Sekdes Krikilan yang kebetulan ditunjuk menjadi salah satu juri, mengaku sangat mengapresiasi antusiasme warga.

Hal itu positif untuk mendukung semangat gotong royong menuju desa wisata Sangiran.

“Semoga antusias dan semangat ini menular ke seluruh warga masyarakat Krikilan menuju desa wisata Sangiran,” ujarnya.

Baca Juga :  Bioskop legendaris Garuda Theatre Sragen: Kenangan Manis Masa Lalu
Kades Krikilan, Widodo saat meninjau lomba hias kampung dan gapura di desanya. Foto/Wardoyo

Meski hanya tingkat RT, juri dalam lomba antar RT di Dukuh Pablengan ini rupanya juga dinilai langsung oleh juri dari Disporapar Jateng yakni Arif Hidayatullah dan Setyo Purwadi, pegiat budaya Kemendikbud.

Kades Krikilan, Widodo sangat mengapresiasi inisiatif dan semangat warga Dukuh Pablengan memeringati HUT RI dengan lomba yang tetap menaati prokes.

Menurutnya, Pemdes mendukung kegiatan itu karena bisa multifungsi. Selain tidak menimbulkan kerumunan, lomba itu juga membudayakan warga menjaga kebersihan serta lingkungan masing-masing.

“Di situ yang jadi nilai yakni protokol kesehatannya, pakai masker dan ada tempat cuci tangan dan lainnya menjaga lingkungan. Nah itu yang kami harapkan, pemuda berinisiatif memotivasi masyarakat. Alhamdulillah setiap RT menjadi kebersihan menjadi bersih dan sosialisasi yang baik untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com