JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pengantaran Jenazah Mangkunagoro IX Akan Diiringi Gendhing Ketawang

KGPAA Mangkunegoro IX / puromangkunegaran.com
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pengantaran jenazah Mangkunagoro IX menuju pemakaman diiringi dengan Gendhing Ketawang. Selain itu, tiga jenis Gending lainnya juga turut mengiringi prosesi pengantaran jenazah diantaranya Gending Menyan Kobar, Gending Kaler Megeng, serta Gending Renyep.

Humas Pura Mangkunegaran, Joko Pramudyo mengatakan, prosesi pengantaran jenazah Mangkunagoro IX, Minggu (15/8/2021) akan dimulai pukul 10.00 WIB. Pelaksanaan prosesi acara akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga :  Boneka Jokowi Dibakar Pendemo di Kota Solo, Tuntut Pemakzulan Presiden

“Prosesi dibuka oleh Pambiworo, dilanjutkan dengan pembacaan riwayat hidup. Lalu mewakili keluarga oleh Pambagiharjo, serta sambutan dari Pemkot Solo,” paparnya, Sabtu (14/8/2021).

Setelah sambutan, diteruskan dengan penyerahan akta Kematian dari Pemkot Solo ke keluarga dan dilanjutkan dengan doa. Selanjutnya penutupan peti jenazah dilakukan dan pemberangkatan rombongan pengantar iring-iringan pembawa jenazah.

“Kita laksanakan semua prosesi dengan prokes ketat. 60 menit sebelumnya, akses para takziah akan ditutup untuk persiapan prosesi. Termasuk untuk acara tahlilan selama tujuh hari kita laksanakan dengan prokes ketat,” tukasnya.

Baca Juga :  Manfaatkan Bulan Ramadan, Masjid Sheikh Zayed Solo Edukasi Penggunaan Air Pada Pengunjung

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyempatkan diri datang ke Pura Mangkunegaran pada Sabtu (14/8/2021) pagi untuk takziah. Gibran datang bersama Wakil Wali Kota Solo, Sekda Solo, serta jajaran Forkompinda Kota Solo.

“Semoga acara pemakaman besok berjalan dengan lancar. Dan semoga almarhum khusnul khotimah,” tutur Gibran. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com