JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Nangka, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Kontrol Gula Darah

Buah nangka. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Buah nangka merupakan buah yang berasal dari Ghats Barat, India yang menyebar ke berbagai wilayah di dunia termasuk di Indonesia.

Buah ini memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus, dan merupakan tanaman dari keluarga Moraceae.

Buah yang sering disamakan dengan buah cempedak ini digemari banyak orang karena rasanya yang manis.

Cara konsumsinya pun beraneka ragam, mulai dimakan langsung, dijus, untuk campuran es buah sampai dibuat makanan ringan.

Selain rasanya enak, buah yang banyak pulutnya ini ternyata memilili sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari International Journal of Food Science, buah ini kaya nutrisi, termasuk karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan fitokimia. Hampir sebagian besar dari bagian buah nangka dapat dikonsumsi, mulai dari biji, daun, batang, hingga daging buahnya.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut manfaat dari buah nangka.

Mengontrol Gula Darah

Buah nangka dinilai dapat membantu mengelola gula darah pada tubuh. Nangka memiliki indeks glikemik rendah, disamping kandungan protein dan antioksidan flavonoidnya yang berfungsi mengontrol gula darah naik terlalu cepat setelah makan sebagaimana dilansir dari laman Healthline, healthline.com.

Membantu Pencegahan Penyakit Kronis

Nangka memiliki kandungan vitamin dan mineral lebih tinggi dibandingkan apel, apricot, pisang, dan alpukat. Nangka juga kaya akan vitamin C dan B serta mengandung folat, niasin, potasium, magnesium, dan riboflavin yang dapat membantu mencegah perkembangan beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes sebagaimana dikutip dari laman WeMD, webmd.com.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan
Menyehatkan Kulit dan Mata

Mengutip laman lifehack.org, kandungan nutrisi dan antioksidan pada nangka, seperti vitamin C meningkatkan kesehatan kulit dan memperlambat penuaan pada kulit. Selain itu, mengkonsumsi nangka dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Nangka juga diperkaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan bertindak sebagai pencegah katarak dan degenerasi makula.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Melansir dari laman medicalnewstoday.com, kandungan vitamin A dan C pada nangka dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Selain itu, mengkonsumsi nangka juga dapat meminimalisir risiko terinfeksi virus.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com