JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

BPBD Karanganyar Gandeng Perum Jasa Tirta I Untuk Wujudkan Program Sekolah Sungai

Foto: Beni Indra
   
Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Jateng menjalin kerja sama dengan PT Jasa Tirta 1 Wilayah Soloraya untuk mewujudkan program sekolah sungai.

Program sekolah sungai adalah mengembalikan sungai sebagai fungsinya yakni sumber kehidupan, tempat wisata, edukasi serta fungsi terkait menjaga kelestarian alam.

Kasi Penanggulangan dan  Kesiapsiagaan  BPBD Karanganyar Hartoko mengatakan ruh sungai itu memiliki manfaat yang sangat besar menunjang kehidupan manusia.

Namun kondisi yang terjadi sekarang ini boleh dikata sungai jauh dari harapan dan fungsinya karena tercemar dan tergeser terdesak oleh pemukiman dan faktor lain.

Dengan demikian BPBD dan Perum Jasa Tirta 1 melakukan program penyelamatan sungai bertitel sekolah sungai.

“Maksudnya sekolah sungai itu adalah mengembalikan sungai sesuai fungsinya,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (25/9/2021).

Adapun bentuk riil program sekolah sungai  tersebut adalah mendorong terbentuknya komunitas pecinta pelindung sungai diempat wilayah Karanganyar.

Yakni wilayah barat Kecamatan Kebakramat dengan sungai Bengawan Solo, wilayah timur Matesih sungai Samin, wayah kota sungai Siwaluh dan sungai Jlamprang.

Untuk itu kerjasama tersebut memberikan bekal teknis edukasi serta fasilitasi agar keempat wilayah tersebut segera terbentuk komunitas sungai.

Sedangkan anggota komunitas bebas namun harus memiliki komitmen kepedulian terhadap sungai.

Selanjutnya jika sudah siap dibentuk maka BPBD dan Perum Jasa Tirta 1 akan mensupport terus praktik dilapangan.

“Sebagai simbolis tadi kita tebar 3.000 ikan nila di empat sungai tersebut,” ungkapnya.

Hartoko menjelaskan seiring waktu komunitas sekolah sungai ini sangat diperlukan karena kerusakan sungai akan sangat parah seiring pertumbuhan penduduk. Apalagi jika sungai sampai terdesak untuk dipakai sebagai pemukiman.

“Untuk itu upaya antisipasi ini sudah mutlak didorong sedari sekarang agar di Karanganyar terbentuk komunitas sungai,” ujarnya. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com