JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Enam Kecamatan di Boyolali Ini Masuk Wilayah Krisis Air Bersih

Truk-truk bantuan air bersih yang siap mendistribusikan bantuan ke kecamatan-kecamatan yang mengalami krisis air / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Enam kecamatan di Kabupaten Boyolali masuk dalam dalam wilayah darurat kekeringan tahun ini. Enam kecamatan tersebut adalah Kecamatan Juwangi, Wonosegoro, Wonosamodro, Musuk dan Tamansari serta Kecamatan Kemusu.

Khusus Kecamatan Selo,  tidak masuk wilayah terdampak. Warga di sana sudah bisa mengatasi masalah air bersih sendiri. Mereka mandiri menyiapkan air bersih dengan cara mengalirkan air dari sumber-sumber air dari lereng Gunung Merapi dan Merbabu.

”Meskipun debitnya menurun di musim kemarau, namun bisa mencukupi kebutuhan warga,” ujar Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Boyolali, Widodo Munir, usai pemberangkatan penyaluran air bersih ke wilayah terdampak, di halaman BPBD, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga :  Begini Serunya Tradisi Bakda Sapi di Lereng Merapi Dukuh Mlambong,  Musuk, Boyolali! Ternak Sapi Diarak Keliling Pedukuhan

Dijelaskan, berdasarkan informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), tahun ini merupakan kemarau basah.
Artinya meski terjadi kemarau namun masih terjadi hujan.

Sehingga wilayah terdampak kekeringan ini tak sebanyak tahun lalu.

Terkait status Siaga Darurat Kekeringan di Kabupaten Boyolali telah ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Boyolali nomor  360 / 593 tahun 2021. Dengan status siaga itu, Pemkab juga akan menyalurkan bantuan air bersih ke masyarakat terdampak.

Baca Juga :  Suasana Pilkada 2024 Sudah Menghangat di Boyolali, Sejumlah Baliho Bertebaran di Sudut-sudut Strategis

Pemkab Boyolali juga telah menyiapkan 2.019 tangki air bersih untuk disalurkan kepada masyarakat. Dari jumlah itu, 400 tangki berasal dari BPBD. Sisanya bantuan dari sumbangan masyarakat, CSR atau instansi terkait.

“Kami terbuka terhadap masyarakat atau instansi yang akan membantu air bersih kepada warga terdampak,” tegasnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com