JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Groundbreaking Renovasi dan Penataan Masjid Baiturrahman Semarang, Ganjar: Waktu itu Beberapa Kali Tidur di Masjid ini, Alasannya?

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri acara groundbreaking renovasi dan penataan Masjid Baiturrahman Semarang, Kamis (2/9/2021). istimewa
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri acara groundbreaking renovasi dan penataan Masjid Baiturrahman Semarang, Kamis (2/9/2021).

Anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk melakukan renovasi dan penataan di kawasan masjid yang terletak di Simpang Lima Kota Semarang sebesar Rp 84 miliar.

Saat acara itu, Ganjar mengungkapkan kedekatannya secara emosional dengan masjid itu.

“Saya punya hubungan emosional dengan masjid ini. Kira-kira tahun 1992 saat saya nulis skripsi, penelitian saya itu di Kaligawe. Saya ingat betul, saya tidak punya saudara di Semarang, bingung mau nginep di mana. Akhirnya saya tidur di masjid ini,” curhatnya.

Tak hanya sekali itu, saat menjadi ketua panitia kegiatan di kampusnya, Ganjar juga pernah ke Semarang untuk mencari sponsor. Dan tempat yang digunakan untuk tidur adalah Masjid Baiturrahman.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

“Waktu itu beberapa kali tidur di masjid ini. Nggolek sing ngirit (cari yang hemat). Saya nggak tahu, apa dulu waktu tidur saya didoakan ya, hingga sekarang bisa seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Selain kenangan masa lalu itu, putra semata wayangnya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar juga lulusan SD Isriati. SD itu juga berada di kompleks Masjid Baiturrahman.

“Jadi melihat sudut-sudut di masjid ini, saya tidak asing. Hari ini mulai dibangun, mudah-mudahan lebih baik, lebih manfaat dan orang akan ibadah lebih semangat,” ucapnya.

Renovasi dan penataan Masjid Baiturrahman ini, lanjut Ganjar, memang sudah direncanakan lama. Saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Semarang beberapa waktu lalu, rencana itu sudah dibahas.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

“Harapan kita Masjid Baiturrahman ini akan jadi salah satu ikon dari area Simpanglima. Tadi sudah dijelaskan konsepnya, desainnya menurut saya bagus banget. Di depan ini ada kolam air, menara diperbaiki dan struktur masjid dikuatkan. Parkir ditata dan kapasitasnya ditingkatkan, karena ada basement. Pasti dijamin lebih cantik. Geleger-nya dilihat pasti lebih wah, lebih adem lihatnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Didiet Arief Akhdiat mengatakan, renovasi dan penataan Masjid Baiturrahman dianggarkan Rp 84 miliar. Pembangunan ditargetkan selesai pada Agustus 2022 mendatang.

“Pekerjaan meliputi beberapa aspek, seperti penguatan struktur masjid, penguatan struktur menara, penataan bagian depan masjid, perbaikan interior masjid, pembangunan gedung MUI, basement parkir, perbaikan sekolah, dan lainnya,” ucapnya. Satria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com